Waspadalah! Ini Tanda-tanda HP Kamu Dibajak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 June 2021 11:05
Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap orang punya potensi untuk diretas di dunia maya. Laporan FBI pada tahun 2019 menyebutkan Pusat Pengaduan Kejahatan Internet atau IC3 (Internet Crime Complaint Center) menerima rata-rata 1.300 pengaduan setiap harinya.

Selain itu menurut FBI, individu dan bisnis harus kehilangan lebih dari US$ 3,5 miliar atau Rp 50 triliun (kurs Rp 14.300/US$) akibat kejahatan siber.

Dengan dampak corona yang masih ada dan ketergantungan setiap orang pada belanja online menjadikan tahun 2021 ini periode yang berdampak lebih tinggi lagi terhadap potensi peretasan.

Peretasan di dunia maya bisa terjadi di mana saja, termasuk pada ponsel kita.


Sebenarnya ada tanda-tanda yang bisa dikenali untuk mengetahui kamu telah diretas atau tidak.

Berikut ciri-ciri HP telah dibajak, dikutip dari RD, Jumat (11/6/2021):

1. Baterai Terkuras Habis
Jika menemukan baterai HP jadi boros padahal sudah sering diisi ulang, bisa jadi pertanda kamu telah dibajak. Presiden Psychsoftpc.com, Tim Lynch mengatakan spyware pada telepon aktif sepanjang waktu dan menggunakan banyak daya dan menguras baterai.

"Jika Anda terus menerus mengalami kehilangan daya, kemungkinan Anda telah diretas," ungkapnya. Jika kamu belum diretas dan masalah ini masih ada, mungkin ini jadi pertanda kamu perlu ponsel baru.

2. HP Jadi Panas

Ray Walsh, seorang pakar privasi digital di ProPrivacy, mengatakan ponsel yang menjadi panas menjadi tanda jika data internet digunakan lebih cepat dari biasanya.

"Jika konsumen menyadari terus melampaui batas data mereka, mungkin seseorang 'membonceng' sesinya," ungkapnya.

3. Kinerja HP Memburuk

Kinerja ponsel menjadi lebih buruk jika mengalami peretasan. Misalnya loading sebuah laman menjadi lebih lambat atau crash.

Menurut saran pakar keamanan dan CEO Safr.Me, Robert Siciliano, memperbaikinya bisa dengan mematikan ponsel. Lalu lihat apa yang terjadi selanjutnya.

"Ponsel yang telah dihacked biasanya tidak akan mati dengan benar atau tidak pernah dimatikan, meskipun telah melakukannya," kata dia.

Perhatikan juga fungsi lain pada ponsel, misalnya mengirim dan menerima teks yang menjadi lambat. Bahkan melakukan panggilan telepon hingga memeriksa pesan suara yang menjadi lambat karena fungsi tersebut harusnya bisa dilakukan dengan cepat.

"Ini adalah yang paling mudah untuk dipahami, namun paling sulit di saat ini di era cyber karena semua orang terburu-buru dan melakukan banyak tugas dan tidak cukup memperhatikan untuk mengambil detail halus ini," jelas penulis dari Surviving a Cyberstalker, Alexis Moore.

NEXT: Simak tanda-tanda lainnya

Simak Tanda-tanda Lain WA Kamu Dibajak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading