Jadi Uang Resmi, Beli McD di Negara Ini Bisa Pakai Bitcoin

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 June 2021 13:35
FILE PHOTO: Bitcoin (virtual currency) coins placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, are seen in this illustration picture, November 6, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - El Savador memastikan diri jadi negara pertama di dunia yang menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Keputusan ini disahkan setelah Kongres menyetujui proposal Presiden Nayib Bukule pada Rabu kemarin (9/6/2021).

Keputusan Kongres menghasilkan 62 dari 84 suara yang mendukung langkah mengadopsi Bitcoin. Meskipun tidak menutup kemungkinkan adanya kekhawatiran soal dampak dari program El Savador akan keputusan International Monetary Fund (IMF).

Presiden Bukule telah menggembar-gemborkan soal Bitcoin. Menurutnya mata uang kripto dapat membantu masyarakat Salvador yang berada di luar negeri mengirim uang ke rumah.


Dia juga menambahkan dolar AS tetap akan jadi alat pembayaran yang sah. El Savador tidak memiliki mata uangnya sendiri, dikutip Reuters, Kamis (10/6/2021).

Dalam unggahan tweet sebelum pemungutan suara di Kongres, dia menyebutkan kebijakan baru bisa membawa inklusi pada negaraanya.

"Ini akan membawa inklusi keuangan, investasi, turisme, inovasi dan pengembangan ekonomi untuk negara kami," tulis Bukule.

Bukulele juga mengatakan telah menginstruksikan perusahaan listrik panas bumi milik negara, LaGeo untuk mengembangkan layanan penawaran fasilitas penambangan Bitcoin menggunakan negara terbarukan dari gunung berapi.

Presiden memiliki ide untuk membangun pusat pembangunan Bitcoin di potensi panas bumi negara. Dia menambahkan El Savador akan menawarkan kewarganegaraan pada orang yang menunjukkan bukti telah berinvestasi setidaknya tiga Bitcoin.

Dalam rangka mendukung Bitcoin, dia juga menambahkan penggunaan Bitcoin akan jadi pilihan individu dan tidak membawa resiko bagi pengguna. Pemerintah juga menjamin konvertibilitas ke dolar saat transaksi melampaui US$150 juta yang ada di bank pembangunan negara.

Undang-undang baru mengatur Bitcoin harus diterima oleh perusahaan sebagai pembayaran untuk barang dan jasa. Kontribusi pada pajak juga bisa dibayarkan melalui cryptocurrency.

"Jika Anda pergi ke McDonald atau apapun, mereka tidak bisa mengatakan kami tidak akan mengambil Bitcoin Anda, mereka harus mengambilnya karena secara hukum ini alat pembayaran yang sah," ungkap Bukule.

Sementara sebagai alat pembayaran yang sah akan dimulai dalam 90 hari. Harga nilai tukar Bitcoin-Dollar akan ditentukan oleh pasar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading