Cek HP! Ini Penyebab Baterai Ponsel Boros & Cara Mengatasinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 June 2021 06:55
People use smartphones on a sidewalk in Jakarta, Indonesia, February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Dengan sebagian aktivitas berada di HP, benda tersebut jadi barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun ini jadi terganggu apabila baterai ponsel cepat habis atau harus diisi ulang berkali-kali.

Ternyata penyebab baterai HP cepat habis memiliki sejumlah alasan. Ada karena penggunaan layar bahkan berhubungan dengan umur ponsel itu sendiri.

Ternyata masalah-masalah itu juga punya solusi yang bisa kamu lakukan. Berikut informasi soal masalah dan cara memperbaikinya, dikutip dari laman Android Authority, Kamis (10/6/2021):


Layar

Salah satu hal yang sering berkembang dari ponsel adalah masalah layar. Mulai dari ukuran atau bahkan memiliki kemampuan untuk dilipat.

Namun ternyata penggunaan layar juga menyebabkan baterai cepat terkuras. Jika kamu ingin mengecek penggunaanya, bisa menuju ke Pengaturan lalu pilih baterai dan klik menu tiga titik yang berada di kanan atas.

Setelah itu menuju ke menu Battery Usage dan klik tombol tiga titik. Terakhir pilih Show full device usage.

Untuk mengurangi penggunaan layar yang mengakibatkan baterai terkuras, berikut caranya:

- Kecerahan Layar: Sebaiknya turunkan kecerahan pada layar. Sebab dengan begitu dapat membantu menyimpan daya baterai.

- Pakai kecerahan adaptif: Kecerahan layar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu dapat menghemat baterai dan tidak menggunakan layar dengan kecerahan yang tidak diperlukan.

- Screen refresh rate: Sejumlah HP mendapatkan layar dengan refresh rate yang cukup tinggi. Namun pemilik ponsel dapat mengaturnya pada menu Pengaturan.

- Waktu auto lock: Kunci otomatis ini sebaiknya bisa dikurangi waktu jeda. Jadi layar tidak akan dalam keadaan standby terus menerus.

- Tidak menggunakan wallpaper animasi: Wallpaper animasi memang memperindah tampilan layar. Namun sebenarnya sama seperti memutar video terus menerus yang dapat mengakibatkan baterai menjadi habis.

- Wallpaper hitam: Jika menggunakan ponsel dengan Amoled, maka warna hitam pada wallpaper bisa membuat baterai lebih hemat. Sebab piksel menjadi tidak aktif.

- Gunakan layar lebih kecil: Ini dilakukan bagi pemilik ponsel lipat. HP jenis ini memiliki dua layar, untuk menghemat baterai sebaiknya gunakan layar yang berukuran kecil saja lebih sering saat tidak membutuhkan tampilan lebih luas.

Layanan Selular

Suka berada dalam jaringan layanan selular yang buruk? Mungkin itu juga menyebabkan baterai menjadi terkuras. Bahkan alasan ini jauh lebih membuat boros baterai dibandingkan saat menonton video.

Hal ini karena adanya komunikasi dengan tower terdekat, agar tetap tersambung. Untuk menghemat baterai dari segi layanan seluler, berikut caranya:

- Ganti operator: Apabila operator yang digunakan sekarang bukan pilihan terbaik, sebaiknya diganti. Operator selular sendiri memiliki keandalan dengan berbagai faktor mulai dari area, kota serta lingkungan, sebaiknya cari tahu dulu soal keunggulan tiap operator.

- Airplane Mode: Fitur ini dapat membantu saat layanan selular buruk. Airplane mode akan membuat antena ponsel untuk beristirahat.

- Perluasan jaringan: Operator beberapa kali menawarkan untuk perluasan jaringan internet dan memberi sinyal. Mungkin bisa jadi pilihan saat akan pergi ke wilayah dengan layanan tidak stabil dalam waktu lama.

- Penguat sinyal: perangkat ini mungkin bisa jadi solusi, walau memang harganya cukup mahal. Penguat sinyal memiliki antena luar yang bertugas menerima sinyal dan membaginya dalam rumah dengan antena internal.



HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading