FaceTime Rilis di Android, kok iMessage tidak?

Market - dob, CNBC Indonesia
09 June 2021 19:07
A chef walks past an Apple store in Beijing, China January 7, 2019. REUTERS/Thomas Peter

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam gelaran keynote Worldwide Developers Conference Senin malam lalu diumumkan jika FaceTime telah bisa diakses di Android. Namun keputusan ini sayangnya tidak atau mungkin belum berlaku untuk iMessage.

iMessage disukai pengguna iPhone karena fitur yang bisa melampaui pesan SMS tradisional. Termasuk memiliki kemampuan untuk melihat saat orang lain sedang mengetik pesan.

iMessage juga menggunakan end-to-end encryption yang berarti tidak ada cara bagi Apple atau siapapun untuk melihat percakapan pengguna.


Google sebenarnya mencoba menit beberapa fitur aplikasi itu. Menunjukkan bahwa pengguna Android berkeinginan untuk memiliki akses ke iMessage.

Namun sebagian besar analis berpendapat pengguna Android tidak boleh mengantisipasi versi non-Apple dari iMessage. Karena lanskap kompetisi dan kekuatan iMessage dalam menjual produk Apple.

"Apple mengambil pandangan sangat pragmatis mengenai aplikasi apa yang diperluas di luar perangkat Apple. FaceTime menghadapi tekanan lebih besar dari saingan konferensi video dan memiliki lebih banyak utilitas jika tersedia di seluruh platform," kata CEO CCS Insight, Geoff Blaber dikutip dari CNN, Rabu (9/6/2021).

Namun sayangnya alasan itu tidak berlaku untuk iMessage. Platform tersebut adalah bagian mendalam dari pengalaman Apple serta hubungan antara iPhone, iPad dan Mac.

iMessage juga menghadapi persaingan bukan hanya dari Google. Namun dari Facebook dengan WhatsApp.

Apple diketahui juga mengerjakan iMessage untuk lebih dekat dengan platform media sosial. Ini dilakukan agar bisa bersaing lebih baik dengan WhatsApp.

Namun WhatsApp memiliki satu keunggulan penting dari iMessage. Yaitu bisa diakses di berbagai perangkat dan menjadikannya pilihan default untuk orang-orang agar bisa berkomunikasi di seluruh sistem operasi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading