Bersiap! Gerhana Matahari Besok, Ini Waktu dan Cara Lihatnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 June 2021 11:15
An annular solar eclipse appears during a break in clouds over Taipei, Taiwan, Monday, May 21, 2012. The annular eclipse, in which the moon passes in front of the sun leaving only a golden ring around its edges, was visible to wide areas across China, Japan and elsewhere in the region before moving across the Pacific to be seen in parts of the western United States. (AP Photo/Wally Santana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gerhana Matahari Cincin akan nampak di sebagian Bumi pada Kamis (10/6/2021). Hanya sejumlah negara yang bisa melihat fenomena itu nanti, seperti Kanada, Greenland dan Rusia.

Gerhana Matahari sendiri terjadi karena Bulan menghalangi sinar Matahari dan bayangannya akan berada di atas Bumi.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal Gerhana Matahari Cincin, berikut 5 faktanya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

Fenomena

USA Today menyebutkan saat Gerhana terjadi Bulan akan menutupi permukaan Matahari. Nantinya akan terbentuk cinci karena tepian Matahari tidak tertutup semua.

Waktu

Berdasarkan laman timeanddate, terdapat sejumlah fase Gerhana Matahari besok. Ada lokasi pertama yang bisa melihat Gerhana sebagian pada 8:12:20 UTC atau 15:12:20 WIB.

Setelah itu adalah fase lokasi pertama Gerhana Penuh pada 9:49: 50 UTC atau 16:49:50 WIB. Lalu ada Gerhana Maksimum pada 10:41:54 UTC atau 17:41:54 WIB.

Lokasi terakhir Gerhana Penuh pukul 11:33;43 UTC atau 18:33:43 WIB. Terakhir adalah lokasi terakhir melihat Gerhana Sebagian pukul 13:11:19 UTC atau 20:11:19 WIB.

Tempat

Badan Antariksa AS, NASA mengatakan fenomena tersebut bisa terlihat di Kanada, Greenland dan Rusia. Di Kanada, Gerhana Matahari bisa terlihat selama tiga menit sedangkan saat puncak di Greenland dapat melihat fenomena itu.

Setelah itu, Gerhana Matahari bisa terlihat di wilayah Siberia dan Kutub Utara.

Sementara menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara atau LAPAN, Gerhana Matahari dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada. Selaoin itu sejumlah negara Asia Tengah dan China bagian barat juga bisa melihat Gerhana Matahari Sebagian.

"Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian," kata LAPAN.

Halaman Selanjutnya >> Cara Melihat & Live Streaming


Cara Melihat & Live Streaming
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading