Ini Cara Cek Bantuan BLT UMKM Rp1,2 Juta di BNI dan BRI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 June 2021 11:55
Sejumlah warga mendatangi Bank BRI di Jakarta untuk mendapatkan Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar 1,2 juta, Senin (26/4/2021). Program bernama Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) itu ditargetkan bisa menyalurkan ke 12,8 juta penerima selama tahun 2021. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM masih akan disalurkan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Bantuan tersebut akan dikirimkan melalui dua bank yakni BNI dan BRI.

Dalam bantuan ini, sebagai penyalur adalah BUMN, BUMD dan PT Pois Indonesia. Sementara bank BRI akan mengirimkan SMS pada masyarakat yang mendapatkan BPUM.

Besaran bantuan tersebut adalah Rp1,2 juta. Untuk mengecek status bantuan diterima melalui situs https://eform.bri.co.id/BPUM untuk BNI dan nasabah BNI dalam laman https://banpresbpum.id/.

Untuk mengecek penerimaan bantuan tersebut, berikut caranya:

Melalui BNI

1. Masuk ke laman eform.bri.co.id/BPUM dan lakukan login
2.Masukkan nomor KTP
3.Lalu masukkan juga kode verifikasi
4.Tekan Proses Inquiry, nantinya akan ada pemberitahuan apakah nomor KTP terdaftar atau tidak untuk menerima bantuan.

Melalui BNI

1. Masuk ke laman banpresbpum.id lalu login
2.Masukkan nomor KTP
3.Lalu tekan tombol Cari. Nantinya akan muncul pemberitahuan soal terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan.

Jika telah dinyatakan menerima bantuan, maka masyarakat perlu melakukan proses untuk mencairkan bantuan. Caranya dengan melakukan verifikasi pada bank terdaftar dan membawa sejumlah syarat dokumen.

Dokumen yang harus dibawa adalah buku tabungan bank, Kartu ATM, KTP, Surat Pernyataan ditandatangani oleh aparat desa setempat, SMS yang berisi pemberitahuan menjadi penerima bantuan, fotokopi NIB dan SKU, serta membawa Kartu Keluarga.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading