Menkominfo Bantah Total Blackout Internet Papua: Cuma 4 Kota

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 June 2021 18:37
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Tangkapan Layar Youtube Kemkominfo TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengungkapkan putusnya kabel laut fiber optik ruas Biak-Jayapura telah berdampak kepada trafik internet di bumi cenderawasih. Hal itu diungkapkan Plate dalam keterangan pers yang disiarkan Youtube Kemkominfo TV, Senin (7/6/2021).

"Putusnya kabel laut tersebut berdampak pada total trafik dari normal sistem komunikasi di seluruh Papua sekitar 154 gbps dari total trafik di Papua 464 gbps. atau terdampak sepertiga dari total trafik," ujarnya.

"Saya perlu tekankan ini karena ada kesan seolah-olah putusnya kabel tersebut mengakibatkan total blackout di Papua, tidak betul, yang betul terdampak pada 154 dari total 464 gbps," lanjutnya.



Plate mengungkapkan, ada empat daerah di Papua yang terkena gangguan komunikasi, yaitu Kota Jayapura, Abepura, Sentani dan Sarmi.

"Bukan di seluruh Papua, di empat kota," katanya.

Dalam mengatasi dan menanggulangi kejadian tersebut, Plate mengatakan Kominfo melakukan koordinasi secara terus menerus dengan PT Telkom dalam upaya penanganan dan pemulihan jaringan di wilayah terdampak.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading