Masih Install Sembarang Aplikasi di HP? Siap-siap Dirampok

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2021 18:25
A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak beberapa waktu lalu, aplikasi WhatsApp GB atau WA GB jadi bahan pembicaraan. Tapi ternyata, aplikasi yang hanya berjalan pada Android ini bukan resmi dari WhatsApp dan menyimpan bahaya besar.

Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN bahaya menggunakan aplikasi tidak resmi. Lembaga itu mengingatkan untuk selalu menggunakan aplikasi dari sumber terpercaya.

Dalam unggahan di Twitternya, BSSN juga menjelaskan soal bahaya WA GB. Aplikasi itu memang mirip dengan WhatsApp namu bukan dikembangkan oleh perusahaan itu.


Bahkan dikatakan aplikasi WA GB tidak resmi dan tak tersedia di toko resmi Android, Play Store.

"Tau gak sih Siberman, mengunduh dan memasang aplikasi tidak resmi bisa berbahaya terhadap perangkat bahkan data pribadi kita lho," tulis BSSN, dikutip Senin (31/5/2021).

BSSN menyeratakan enam resiko mengunduh dan menginstal aplikasi tidak resmi itu:

1. Rentan Disusupi virus jahat Malware

Dikatakan BSSN, aplikasi yang ada di toko aplikasi resmi seperti Play Store dan App Store masih ada celah keamanan. Terlebih jika aplikasi itu bukan dari toko aplikasi yang resmi.

2. Data Terancam Disalahgunakan

Resiko berikutnya adalah ancaman data pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu. Sebab pada aplikasi tertentu kerap meminta izin untuk mengambil data pengguna hingga mengakses semua kontak.

3. Dapat Diblokir oleh Aplikasi Resmi

Akun pengguna aplikasi bodong itu terancam diblokir permanen oleh pengembang aplikasi resminya.

4. Ada Aplikasi Aneh yang Terinstall

Tak jarang juga akan ada aplikasi lain yang ikut terpasang. Padahal pengguna ponsel hanya menginstall satu aplikasi modifikasi saja.

5. Iklan Bertubi-tubi

Dengan menginstall aplikasi tidak resmi akan muncul iklan dalam jumlah banyak. Jelas ini mengurangi pengalaman menggunakan smartphone jadi kurang nyaman dan terganggu.

6. Membawa Virus

Aplikasi tidak resmi ini bisa saja membawa virus. Dengan begitu dapat menyerang sistem operasi smartphone secara perlahan. Pada akhirnya kerja smartphone saat digunakan menjadi lelet dan tidak nyaman.

Tips Jika Sudah Mendownload Aplikasi Tidak Resmi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading