Masih Install Sembarang Aplikasi di HP? Siap-siap Dirampok

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2021 18:25
Infografis/Ponsel Kamu Dihujani Iklan Mengganggu? Delete Aplikasi Ini!

WA GB menawarkan keunggulan dengan tambahan fitur yang tidak ada di aplikasi aslinya. Mungkin ini membuat sejumlah orang jadi tertarik untuk mengunduhnya.

Lalu bagaimana jika itu terjadi? BSSN juga membagikan tips jika terlanjur mendownloadnya. Mulai dari hapus data dan aplikasi hingga factory reset.

Berikut tipsnya yang dibagikan BSSN dalam akun Twitternya:


  • Segera lakukan clear cache atau hapus data dalam aplikasi. Ini membuat kerja smartphone bisa lebih lancar serta dapat mengurangi konsumsi data yang diproses.
  • Kamu juga harus memeriksa permission aplikasi. Nonaktifkan jika masih terhubung atau mengizinkan mengakses data pribadi seperti password akun.
  • Pastikan juga menghapus aplikasi secara permanen. Ini dilakukan jika aplikasi itu dirasa terlalu berbahaya atau berefek pada smartphone yakni cepat panas hingga peningkatan konsumsi pada data.
  • Seleksi atau back up data sangat penting dilakukan secara rutin. Jika diperlukan juga hapus data yang dirasa tidak terlalu penting.
  • Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun sistem operasi ponsel masih bermasalah, lakukan factory reset.

Selain itu BSSN juga membagikan tips menghindari adanya program jahat yang masuk ke smartphone. Pertama pastikan tidak asal mengunduh dan memasang aplikasi, khususnya yang tidak tersedia dalam toko aplikasi resmi.

Meski begitu, jika ada akan mengunduh dan memasang aplikasi dari toko resmi cari tahu nama pengembangnya. Kamu juga harus membaca deskripsi dan ulasan pengguna secara cermat.

BSSN juga menuliskan selalu mutakhirkan sistem operasi dan aplikasi yang dipasang. Selain itu gunakan password akun yang kuat dan ganti secara berkala.

Kamu juga dilarang untuk asal menekan tautan yang ditemui. Hindari juga menggunakan Wifi yang bersifat gratis di publik.

"Pasang dan mutakhirkan anti-virus secara rutin," tambah BSSN.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading