Agar Tak Diblokir, Ini Syarat Ganti Kartu ATM Bank

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2021 14:15
Infografis: ATM Lama Mandiri-BNI-BRI-BCA Bakal Diblokir, Ini Deadlinenya!

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal tahun depan, kartu ATM berbasis magnetic stripe tidak dapat digunakan lagi. Dengan begitu masyarakat yang masih menggunakannya harus mengganti dengan chip hingga akhir tahun 2021.

Kebijakan tersebut diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Surat Edaran itu sudah dikeluarkan sejak 2015 lalu. Artinya ada jeda waktu empat tahun untuk melakukan peralihan kartu ke berbasis chip.


Kartu ATM berbasis chip sendiri dirasa aman dari kejahatan siber. Untuk membedakannya, dapat dengan memperhatikan penampakan dari kedua kartu tersebut.

Kartu Debit magnetic stripe memiliki garis hitam memanjang di bagian belakang. Garis hitam itu memiliki perang penting, sebab akan digesek pada mesin saat bertransaksi.

Sayangnya jika garis hitam rusak, maka pemiliknya tidak bisa lagi menggunakan kartu ATM tersebut. Sementara itu, kartu ATM berbasis chip memiliki kotak kecil berwarna emas di bagian depan.

Sementara itu bank di Indonesia membuka kesempatan untuk nasabah pemilik kartu magnetic stripe bisa menukarkannya. Meski sudah ada jadwal pemblokirannya, ada juga bank yang memiliki jadwal sendiri dalam program penukaran itu.

Berikut jadwal pemblokiran kartu ATM dari BRI, BCA dan Mandiri, dirangkum dari situs resmi perusahaan, Senin (31/5/2021).

Bank BRI

Kartu ATM BRI berbasis magnetic stripe dapat ditukarkan hingga akhir tahun 2021. Penukaran ini bisa dilakukan di 9000 unit kerja BRI seluruh Indonesia dan bersifat gratis.

BRI mengatakan migrasi kartu bisa terjadi 100% pada September nanti. Sementara pada Februari lalu, perusahaan mengklaim migrasi sudah mencapai 82%.

Bank BCA

BCA akan memblokir kartu magnetic stripe pada 1 Januari 2022 mendatang. Bagi pemilik kartu magnetic stripe BCA dapat menukarkan di dua tempat. Yakni customer service serta layanan mesin self service yang lokasinya dapat dilihat langsung pada laman resmi perusahaan.

Bank Mandiri

Sejak April lalu, Mandiri melakukan program Cleansing Mandiri. Pemblokiran kartu magnetic stripe akan dilakukan berdasarkan expiry date. Misalnya untuk Selasa besok (1/6/2021), yang akan diblokir adalah kartu dengan expiry date 2023-2025. Sedangkan 1 Juli 2021 giliran 2026-2030.

Penukaran kartu tidak dipungut biaya apapun dan hanya membawa kartu identitas serta kartu ATM lama. Nasabah Bank Mandiri bisa menukarkan kartu lamanya di cabang terdekat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadwal Blokir Kartu ATM Lama BNI, BCA & Mandiri


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading