Ini Kartu ATM BRI, BCA dan Bank Mandiri yang Akan Diblokir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 May 2021 12:50
Nasabah menukar kartu ATM visa menjadi GPN Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (30/7). Bank Indonesia (BI) dan perbankan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli-3 Agustus 2018. Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018. Kartu berlogo GPN diharapkan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu masih menggunakan kartu ATM berbasis magnetic stripe harus segera menggantinya dengan yang menggunakan chip. Sebab mulai tahun depan, magnetic stripe tidak bisa digunakan lagi alias diblokir.

Kartu Debit ATM magnetic stripe sendiri memiliki ciri garis hitam memanjang di bagian belakang. Saat melakukan transaksi, garis hitam itu yang digesek.

Jika garis hitam rusak maka kartu ATM tidak bisa digunakan. Di sisi lain, kartu berbasis chip berbentuk kotak kecil berwarna emas berada di bagian depan.


Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Aturan itu telah dikeluarkan sejak 2015 lalu dan nasabah diberikan waktu sekitar empat tahun untuk beralih dari magnetic stripe ke kartu berbasis chip dengan alasanya lebih aman dari kejahatan di dunia maya.

"Penggunaan teknologi lainnya, yaitu teknologi magnetic stripe, masih diperbolehkan untuk Kartu ATM/Debet yang diterbitkan atas dasar rekening tabungan yang memiliki saldo paling banyak Rp 5.000.000,00 berdasarkan perjanjian antara penerbit dan nasabah," tulis BI dalam aturan tersebut.

Walau sudah ada batas waktu penggantian kartu, sejumlah bank ada juga yang mengatur peralihan tersebut. Perbankan memiliki jadwal masing-masing batas waktu penggantian kartu.

Sebagai pengingat, berikut ini jadwal blokir kartu ATM magnetic stripe dari bank Mandiri, BCA dan BRI dirangkum situs resmi perusahaan, Selasa (25/6/2021).

BRI

BRI membuka kesempatan nasabahnya menukar kartu lamanya hingga akhir tahun 2021. Penukaran dilakukan gratis berlokasi di 9000 unit kerja seluruh Indonesia.

Menurut pihak BRI, migrasi kartu sudah mencapai 82% pada Februari. Diharapkan dapat mencapai seluruhnya bulan September nanti.

BCA

Kartu berbasis magnetic stripe milik BCA sudah tidak bisa digunakan pada 1 Januari 2022.

Nasabah BCA bisa menukarkannya melalui customer service di seluruh Indonesia. Selain itu juga melalui layanan mesin self service dengan lokasinya bisa dicek langsung pada laman resmi BCA.

Bank Mandiri

Mandiri memiliki program Cleansing Mandiri dimulai dari bulan April. Pemblokiran dilakukan berdasarkan kartu expiry date.

Sementara itu untuk 1 Juni nanti akan diblokir dengan expiry date 2023-2025. Pada 1 Juli 2021 adalah untuk 2026-2030.

Bank Mandiri membuka kesempatan untuk menukar sebelum waktu yang telah ditentukan di cabang terdekat. Penukaran kartu dilakukan secara gratis dengan membawa kartu identitas dan kartu ATM lama.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

ATM Lama Mandiri Cs & BCA Wajib Ganti, Ini Batas Waktunya!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading