Kartu ATM BCA Chip Berlaku, Ini Cara Tukar Kartu Lama

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 October 2021 18:30
Gedung Bank BCA

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna kartu ATM lama harus bergegas untuk menggantinya menjadi kartu chip. Termasuk nasabah BCA, yang pada 1 Desember kartu jenis non-chip tak bisa digunakan.

Dalam laman resminya, BCA menjelaskan kartu debit non-chip adalah Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip.

BCA juga mengajak nasabahnya untuk menggantinya menjadi Kartu ATM BCA Chip. Proses penggantiannya juga tidak dipungut biaya alias gratis. Bank itu menyediakan tiga cara untuk proses penggantian, berikut caranya, dikutip Senin (18/10/2021):


1. Datang ke Kantor Cabang BCA Terdekat

Penggantian kartu non-chip ke kartu debit chip bisa dilakukan di seluruh kantor cabang BCA Indonesia.

2. Lewat Layanan CS Digital BCA

Sebagai informasi CS Digital adalah layanan customer service untuk nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan mesin digital secara self service. Mesin terdapat di kantor cabang dan keterangan soal CS Digital BCA bisa ditemui di laman resmi BCA.

3. Halo BCA 1500-888

Untuk syarat dan ketentuan terkait penggantian kartu debit non chip ke kartu debit chip bisa menghubungi kanal Halo BCA.

BCA juga menyampaikan manfaat harus mengganti dengan kartu debit berbasis chip, berikut daftarnya:

1. Transaksi di mana saja

Dengan beralih ke kartu debit berbasis chip, maka transaksi bisa dilakukan di semua tempat. Mulai dari ATM, mesin EDC, serta debit online dengan mengaktifkan fitur melalui BCA Mobile.

"Kamu bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard," jelas BCA.

2. Mendukung kebijakan Bank Indonesia

Penggantian kartu ini sebenarnya sudah direncanakan Bank Indonesia sejak 2015. Ini melalui implementasi Standar Nasional Teknologi Chip serta penggunaan enam digit PIN pada kartu ATM serta Debit dari Indonesia.

3. Risiko Kejahatan

Kartu Debit Chip dianggap lebih aman. Kartu Debit Non Chip dengan teknologi magnetic strip disebutkan BCA lebih mudah secara teknologi di-copy dan membuatnya lebih berisiko untuk dicuri.

Kartu Debit Chip dianggap menggunakan teknologi yang lebih maju dan aman.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

ATM Lama Mandiri Cs & BCA Wajib Ganti, Ini Batas Waktunya!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading