Kembangkan Jaringan 5G, RI Tak Kalah Hebat dari Negara Maju

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 May 2021 12:50
A visitors walks past a 5G sign during Mobile World Congress in Barcelona, Spain, February 28, 2017. REUTERS/Eric Gaillard

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel telah resmi mengantongi commercial operational permit 5G menandakan operator itu jadi yang pertama penggelaran jaringan tersebut.

Anak usaha Telkom ini akan meluncurkan 5G pada 27 Mei 2021 pada enam residential di wilayah Jabodetabek. Layanan ini akan digelar pada pita 2300GHz hingga 3000GHz.

Pengamat Telekomunikasi Heru Sutadi memandang, dimulainya layanan 5G bukan hanya untuk pemenuhan akselerasi transformasi digital. Melainkan juga dapat memberikan bukti kepada dunia Indonesia tak tertinggal dari negara lain.


"Meski masih bergulat dengan Covid-19 tapi kita adalah bangsa yang tangguh tetap tidak ketinggalan dalam mengadopsi teknologi terbaru," kata Heru melalui pesan singkatnya, Rabu (26/5/2021).

Heru memandang, langkah Telkomsel diharapkan dapat menggerakkan perekonomian domestik, khususnya para pelaku usaha mikro, dan menjawab tantangan kebijakan bekerja dari rumah hingga pembelajaran jarak jauh yang kini banyak dilakukan.

"Sebagai tahap awal, tentu pembangunan di tahun pertama hanya sekitar 2-3 provinsi. Kemudian nanti terus berkembang karena tidak tertutup kemungkinan akan digelar di Ibu Kota Negara baru, kemudian wilayah dan kota yang demand-nya tinggi,"

Heru menyarankan agar ekosistem terkait hal ini perlu semakin dikembangkan karena yang utama adalah mendukung 4.0 seperti internet of things, kecerdasan buatan, atau Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR).

"Yang harus diperhatikan adalah layanan berkualitas bagi pengguna. Jangan membuat pengguna kecewa karena akan memengaruhi adopsi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading