Mau Nikmati Jaringan 5G, Mesti Ganti Kartu SIM Nggak sih?

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
26 May 2021 08:30
Infografis/ Bersiap koneksi Internet makin cepat! Ini 3 Operator Telko Pemenang Frekuensi 5G DI RI/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 27 Mei mendatang Indonesia akan segera mengadakan layanan 5G, terutama yang akan digelar oleh anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) yakni Telkomsel.

Bagi sebagian masyarakat yang ingin menikmati layanan ini, tentu menimbulkan pertanyaan mengenai apakah penggantian SIM Card harus dilakukan terlebih dahulu layaknya ketika 4G hadir menggantikan 3G. Saat itu pelanggan mesti menggantikan terlebih dahulu kartu SIM menjadi uSIM alias kartu SIM 4G. Apakah demikian?

Menanggapi hal itu, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro memberikan jawaban. Ia mengatakan bahwa asalkan kartu pengguna sudah masuk 4G, tidak perlu dilakukan penggantian.


"Untuk saat ini, 5G tidak perlu mengganti (kartu SIM-red), asal sudah 4G ya. Kalau sudah 4G itu tidak perlu mengganti," ujar bos Telkomsel. ini dalam konferensi pers, dikutip dari kanal Youtube Kementerian Kominfo, Rabu (26/5/2021).

Mengenai biaya paket 5G, Setyanto mengatakan semuanya akan dipublikasikan pada peluncuran 5G pada 27 Mei mendatang.

"Kami akan memberikan layanan yang terbaik, tentu saja kita mengharapkan kualitas, kecepatan, latensi, kapasitas jauh lebih baik dari 4G dengan harga yang terjangkau. Kuncinya adalah afordibilitas," ucapnya.

Lebih lanjut, untuk layanan tahap awal Telkomsel akan menggunakan frekuensi 2,3 GHz dalam melayani pelanggan 5 G.

Mengenai coverage area, pada tahap awal ini Telkomsel akan menyediakan 5G di beberapa wilayah residensial Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

"Enam area itu memang sasarannya residensial. Jadi, liputan-nya misal di seluruh Kelapa Gading misalnya, liputan memang segitu," ungkap Setyanto menambahkan.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Telkomsel memastikan paket data 5G nanti akan terjangkau. Selain itu juga memiliki layanan yang terbaik.

Adpaun untuk wilayah lainnya, Setyanto mengatakan akan dilakukan siring dengan penyerapan implementasi jaringan. Nantinya akan terus mengembangkan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Telkomsel menggelar terbatas di beberapa kota. seiring dengan penyerapan implementasi dari network yang tersedia keekonomian terus mengembangkan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading