Hati-hati, Simak Tanda WhatsApp Kamu Kena Sadap

Tech - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
26 May 2021 07:20
Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi WhatsApp banyak digunakan oleh masyarakat dalam bertukar pesan. Hal tersebut membuat penjahat ingin mengambil alih
WhatsApp kamu atau menyadap.

Cara yang paling sering digunakan dalam penyadapan adalah dengan merebut one time password (OTP) yang dikirimkan WhatsApp ke SMS ketika ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp kamu di smartphone lain.

WhatsApp disadap saat terjadi aktivitas lain, padahal pengguna sedang tidak melakukannya. Untuk lebih berhati-hati, simak tanda-tanda akun WhatsApp kamu disadap sebagaimana dikutip dari media sosial Siber Polri, Senin (25/5/2021):

1. Akun pengguna mendadak logout dari aplikasi WhatsApp

Penggunaan WhatsApp hanya bisa dilakukan dengan nomor ponsel sama pada satu smartphone. Ketika akun WhatsApp kamu keluar dengan sendiri artinya ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama di smartphone lain.

2. Pesan telah terbaca

Saat pesan kamu belum dibaca dan tiba-tiba sudah bercentang biru alias sudah dibaca, ada kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

3. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.

4. WhatsApp Web tiba-tiba aktif


Cara mengecek apakah orang lain menggunakan akun WhatsApp kamu atau tidak, klik ikon tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan terlihat pada aplikasi apakah WhatsApp kamu terkoneksi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Intip Cara Balas WhatsApp Tanpa Terlihat Status Online


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading