5 Fakta Internet 5G, Arab Saudi Jawara Download Tercepat

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 May 2021 15:05
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akan segera mulai masuk jaringan 5G. Jaringan tersebut menawarkan kecepatan yang lebih baik dari generasi sebelumnya serta latensi rendah.

Sebelum Indonesia, sejumlah negara dunia juga sudah mulai menggelar 5G. Sebut saja Korea Selatan, Amerika Serikat hingga Arab Saudi.
Berikut 5 fakta soal 5G baik di dunia dan Indonesia, dirangkum CNBC Indonesia, Kamis (27/5/2021):

Perkembangan Jaringan


Melansir Wired, generasi pertama jaringan pertama mobile wireless dibangun sekitar akhir 1970an hingga 1980an. Layanan suara dibawa lewat gelombang radio tanpa enkripsi dan orang lain dapat mendengarkan percakapan dengan komponen yang ada.

Sementara itu 2G hadir pada 1990-an. Jaringan ini berbeda dengan 1G yang analog karena sudah mulai beralih ke digital. Layanan panggilan sudah mulai dienkripsi, penggunaan spektrum lebih efisien, pengiriman data dengan dijalur internet atau lalu menjadi awal layanan DSL.

Sedangkan pada 2000-an hadir 3G memberikan jaringan digital peningkatan bandwidth. Ini juga menandai revolusi pada dunia smartphone.
Lalu dari 3G berkembang menjadi 4G. Kali ini sudah masuk 5G yang dikatakan memiliki kecepatan sekitar 10 gigabit per detik ke ponsel atau 600 kali lebih cepat dari kecepatan 4G saat ini.

5G Tercepat

Sejumlah negara sudah mulai menggelar 5G dari Indonesia. Laporan Open Signal menyebutkan Arab Saudi menghadirkan unduhan paling cepat dengan 144,5 Mbps dan dibuntuti Kanada dengan 90,4 Mbps.

Korea Selatan menjadi adopsi tertinggi dengan 10 persen, sementara kecepatannya berada di bawah Arab Saudi dan Kanada. Sementara AS memiliki kecepatan 33,4 mbps dan berada di urutan ke-11.

Indonesia Masuk Era 5G

Pada Senin (24/5/2021) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G pada Telkomsel. Hal ini berdasarkan Uji Laik Operasional yang dilakukan perusahaan itu pada 19-21 Mei 2021.

"Penggelaran 5G juga menandai bahwa mulai saat ini Indonesia masuk tahapan simultan operasi 4G dengan 5G," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate.
Telkomsel Gelar 5G

Sementara di Indonesia, operator seluler Telkomsel jadi yang pertama gelar 5G. Pada Kamis hari ini (27/5/2021), perusahaan itu akan meluncurkan secara resmi jaringan tersebut di The Telkom Hub Jakarta. Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz dan lebar pita 30 Mhz untuk menggelar jaringan ini.

Wilayah Pertama 5G

Jaringan 5G akan debut di sejumlah wilayah Indonesia. Telkomsel mengumumkan di Jabodetabek akan hadir di residensial Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Di luar Jabodetabek, 5G juga akan hadir di Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading