Internasional

Kabar Baik, 2 Vaksin Ini Ampuh Lawan Corona 'Ganas' India

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
23 May 2021 12:25
A Palestinian man sits as ea medic with the Magen David Adom emergency service administers a dose of the Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine during a one-day clinic at a school near the Al Aqsa Mosque compound to vaccinate worshippers following Friday prayers in the Old City of Jerusalem, Friday, Feb. 19, 2021. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Kesehatan Inggris (PHE) menyebut dua dosis vaksin Covid-19 produksi dua perusahaan, Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca, efektif dalam menangani varian corona yang ditemukan di India.

Melansir Reuters, dalam sebuah studi mereka, ditemukan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech 88% efektif melawan penyakit simptomatik dari varian B.1.617 dua minggu setelah dosis kedua. Sementara itu dua dosis vaksin AstraZeneca 60% efektif melawan penyakit simptomatik dari varian India.


Selain varian India, kedua vaksin juga tercatat ampuh melawan Covid varian Inggris B.117. Vaksin Pfizer-BioNTech efektif 93% melawan virus itu dan AstraZeneca ampuh 66%.

Menteri Kesehatan Inggris mengatakan data itu adalah terobosan. Dikatakannya ia semakin berharap bahwa pemerintah akan dapat mencabut lebih banyak pembatasan bulan depan.

"Saya semakin yakin bahwa kami berada di jalur yang tepat untuk peta jalan, karena data ini menunjukkan bahwa vaksin, setelah dua dosis, bekerja sama efektifnya (melawan varian India)," kata Menteri Kesehatan Matt Hancock, dikutip Minggu (23/5/2021).

Inggris telah mempercepat program vaksinasi tercepat di Eropa sejauh ini. Tetapi Inggris menghadapi tantangan baru dari penyebaran varian yang pertama kali ditemukan di India.

Data yang diterbitkan pada hari Sabtu menunjukkan kasus Covid baru yang dilaporkan di Inggris naik 10,5% dalam tujuh hari hingga 22 Mei. Meskipun tetap sebagian kecil dari level yang terlihat awal tahun ini.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading