Dipimpin MDI Ventures, Investor Suntik Tanihub Rp 942 M

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 May 2021 14:50
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - TaniHub Group baru saja mendapatkan tambahan suntikan dana sebesar US$65,5 juta (Rp942 miliar). Pendanaan seri B ini dipimpin oleh MDI Ventures, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Sejumlah investor ikut dalam pendanaan untuk startup agritech itu, termasuk beberapa nama baru. Investor tersebut adalah Add Ventures, BRI Ventures, Flourish Ventures, Intudo Ventures, Openspace Ventures, Tenaya Capital, UOB Venture Management dan Vertex Ventures.

Fokus utama untuk periode pendanaan ini adalah memperluas jangkauan layanan dari TaniHub. Selain itu juga memperkuat rantai pasokannya.


"Sektor pertanian di Indonesia saling tidak terhubung karena banyaknya oemain kecil dengan area jangkauan pelayanan yang terbatas, sehingga ketidakefisienan dalam value chain tidak terhindarkan. Oleh karena itu kami berencana untuk memperkuat peran kami di setiap wilayah Indonesia agar semakin dekat dengan petani dan masyarakat. Sehingga pada akhirnya apa yang kami lakukan dapat mengurangi disparitas harga antara petani dan konsumen," kata CEO TaniHub Group, Pamitra Wineka dikutip dari keterangan resminya, Jumat (21/5/2021).

Pendanaan ini akan digunakan untuk ekspansi geografis, melalui pembangunan fasilitas minihub. Ini dilakukan dengan dukungan pemerintah lokal di seluruh Indonesia.

Selain itu juga perusahaan melakukan pengembangan ptosuk dan layanannya. Caranya dengan penguatan teknologi pada berbagai lini bisnis.

Pamitra menambahkan pendanaan ini memiliki kesan sendiri. Salah satunya karena memiliki dukungan dari tanah air lewat MDI Venture yang merupakan perusahaan milik Telkom Group.

Selain itu juga adanya investor global Flourish Ventures yang ikut dalam pendanaan kali ini. Perusahaan itu sangat peduli akan dampak sosial, hal yang sama juga dijadikan salah satu pilar TaniHub Group dan menjadi DNA karyawan TaniHub Group atau TaniSquad.

Sementara itu Direktur Portofolio MDI Ventures, Sandhy Widyasthana mengatakan pihaknya akan terus berfokus melakukan investasi pada startup teknologi di berbagai sektor. Startup tersebut berpengaruh untuk kehidupan masyarakat dan membuat perbedaan besar di Indonesia.

Dia mengatakan TaniHub Group punya peran besar di pertanian. Selain itu juga telah membuktikan keberadaannya bisa memberi dampak positif untuk peningkatan kualitas kehidupan petani di tanah air.

"Kami berharap investasi kami dapat membantu TaniHub Group untuk melanjutkan program dan memperluas cakupannya kepada lebih banyak komunitas petani di Indonesia," kata Sandhy.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading