Cara Aman & Cepat Mengecilkan Ukuran PDF dengan Mudah

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 May 2021 20:20
PDF. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - File dengan format PDF lebih disukai daripada file dengan format Word. Selain itu, file berformat PDF juga lebih sulit diubah-ubah isinya, karena file PDF biasanya dilengkapi dengan fitur proteksi.

Banyaknya keunggulan ini, umumnya ukuran atau size file berformat PDF lebih besar daripada Word. Sehingga kadang menyulitkan dalam proses pengunggahan dokumen-dokumen untuk suatu keperluan tertentu.

Untuk mengecilkan file PDF ini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik secara online atau offline. Anda hanya perlu mengakses website tersebut, mengupload file PDF yang akan dikecilkan ukurannya, dan mendownloadnya kembali ketika proses resizing atau proses memperkecil file PDF sudah selesai dilakukan oleh situs secara otomatis.


Berikut adalah cara mengecilkan file PDF dengan mudah dan aman.

Mengecilkan file dengan Adobe Acrobat

Jika laptop atau komputer Anda telah memiliki Adobe Acrobat terinstal di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan fitur "PDF Optimizer" untuk cara kompres PDF. Berikut langkah-langkahnya:

-Buka PDF di Adobe Acrobat

-Klik Tools > Optimize PDF.

-Beberapa opsi akan muncul di layar.

-Jika kamu mengklik Reduce Size, Acrobat akan menerapkan pengaturan default ke filemu untuk mencoba mengurangi ukurannya.

-Kamu juga bisa mengatur ukuran dokumenmu untuk mempertahankan kualitasnya. Cukup klik opsi Advanced Optimization.

-Setelah mengatur ukuran yang diinginkan, klik save as, beri nama dokumen, dan klik save.

-PDF sudah selesai dikompres.

Mengecilkan dengan PDF Compressor

Cara mengecilkan file PDF yang pertama yaitu menggunakan website PDFCompressor.

-Anda dapat masuk ke situs pdfcompressor.com, kemudian klik Unggah File dan pilih dokumen yang akan kamu kompres, atau drag and drop dokumen yang dipilih langsung ke browser seperti penerapan di situs lainnya.

-Setelah itu, Anda cukup menunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai. Terakhir, tinggal unduh file yang sudah dikompres ke laptop atau smartphone.

-Pada cara mengecilkan ukuran file PDF dengan PDF Compressor, hasilnya dapat langsung kamu share ke jaringan sosial atau dikirimkan melalui email.

Dengan SmallPDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya adalah dengan membuka situs SmallPDF atau smallpdf.com.

-Setelah masuk ke website SmallPDF, klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Seperti cara mengecilkan ukuran file PDF pada iLovePDF, kamu juga bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan browser.

-Setelah itu Anda tinggal menunggu proses unggah dan kompres selesai. Setelah proses kompres selesai, kamu akan diperlihatkan informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut.

-Kemudian kamu bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau bisa juga mengeditnya lebih lanjut hingga menghasilkan ukuran yang diinginkan.

Menggunakan Microsoft Word

Cara memperkecil file PDF bisa dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan Microsoft Word yang Anda miliki, Anda sudah tidak perlu lagi menginstal atau mengakses situs apapun untuk memperkecil file PDF. Cara ini berlaku bagi Microsoft Word 2010 ke atas.

-Buka PDF di Word menggunakan opsi Open dengan di menu file. Kamu juga bisa men-drag file PDF ke lembar kerja Word untuk membukanya.

-Selanjutnya, klik File> Save As

-Pada menu dropdown jenis file, pilih PDF.

-Setelah itu cari opsi Optimize for.

-Pilih opsi Minimum size (publishin onlie)

-Klik save dan file PDF sudah terkompres.

Menggunakan CleverPDFClever

PDF dikenalkan pada tahun 2017 dan salah satu situs yang cukup baru di bidang penyediaan jasa kompresi PDF. Tampilan situs ini sangat sederhana dengan kombinasi warna dasar putih dan biru.

Situs ini menyediakan fitus unggah melalui Google Drive atau DropBox. Ada tiga pilihan kompresi pada situs ini, yaitu minimal, rendah, sedang, maksimal, dan custom.

Cara menggunakan situs ini untuk mengecilkan PDF sangat mudah, yaitu dengan membuka halaman https://www.cleverpdf.com/id/compress-pdf. Selanjutnya klik 'Pilih File' dan tunggu hingga proses mengunggah dan pengecilan ukuran selesai.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahaya! Delete Segera PDF Format Ini Atau Diserang Virus


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading