Oppo Raja Ponsel RI, Samsung Mengancam & Vivo Tergelincir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 May 2021 10:25
Ilustrasi Konter HP. (Trio Hamdani/detikFinance) Foto: Ilustrasi Konter HP. (Trio Hamdani/detikFinance)

Jakarta, CNBC Indonesia - Oppo kembali duduk jadi peringkat satu penguasa pasar smartphone Indonesia. Berdasarkan data dari Canalys di kuartal I tahun 2021 vendor asal China itu membukukan market share sebesar 24%.

Posisi Oppo naik satu peringkat dari kuartal sebelumnya di peringkat kedua. Sementara itu, Vivo yang pada kuartal IV tahun 2020 berada di rangking pertama, saat ini berada di posisi ketiga dengan market share 19%.

Sementara itu, Samsung yang sempat kesulitan mengalahkan dominasi sejumlah vendor asal China kali ini berada di peringkat kedua. Raksasa teknologi asal Korea Selatan memiliki unit share sebanyak 19%.


Pada kuartal sebelumnya, Samsung finish di peringkat lima. Posisi tersebut berada di bahwa Vivo, Oppo, Xiaomi dan Realme.

SmartphoneFoto: Penguasa pasar smartphone Indonesia di kuartal I-2021 (Doc. Canalys)

Sedangkan Xiaomi dan Realme berada di peringkat keempat dan kelima data Canalys untuk kuartal pertama tahun 2021. Xiaomi memiliki 18% market share dan Realme dengan 12%.

Kedua perusahaan tersebut turun satu peringkat dari data sebelumnya untuk kuartal IV tahun 2020.

Sementara itu Samsung mencatatkan diri jadi smartphone dengan shipping terbesar dunia pada kuartal I 2021. Berdasarkan data Canalys, Samsung memiliki pangsa pasar 22% dan pengiriman 76,5 juta unit.

Samsung berhasil menggeser dominasi Apple pada kuartal IV 2020. Saat ini produsen iPhone itu berada di peringkat dua dengan masket share 15% dan pengiriman 52,4 juta.

Xiaomi mengikuti di peringkat ketiga. Raksasa teknologi asal China itu memiliki 14% pangsa pasar dan 49 juta unit pengiriman.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sulitnya Samsung Gusur Vivo & Oppo, Kuasai Pasar Ponsel RI


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading