Mengintip Harga Vaksin Gotong Royong, Rp1 Juta 2 Kali Suntik

Tech - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
07 May 2021 13:59
A box for a COVID-19 immunoglobin treatment is displayed at an exhibit by Chinese pharmaceutical firm Sinopharm at the China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) in Beijing, Saturday, Sept. 5, 2020. With the COVID-19 pandemic largely under control, China's capital on Saturday kicked off one of the first large-scale public events since the start of the coronavirus outbreak, as tens of thousands of attendees were expected to visit displays from nearly 2,000 Chinese and foreign companies showcasing their products and services. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin gotong royong akan dimulai pada 17 Mei 2021 menggunakan Sinopharm. Harga yang ditetapkan adalah sebesar Rp 1 juta untuk dua kali suntik termasuk untuk jasa perawatan kesehatan.

"1 juta 2 kali suntik sudah termasuk biaya kesehatan," ungkap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia
Rosan Perkasa Roeslani kepada CNBC Indonesia, Jumat (7/5/2021)

Vaksin gotong royong merupakan program yang digagas oleh pemerintah bersama dunia usaha dalam rangka mempercepat herd immunity dan pemulihan ekonomi nasional. Program ini sempat terlambat, namun dipastikan akan dimulai pada pertengahan Mei.



Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Shinta Kamdani mengungkapkan minat dunia usaha begitu besar. Tercatat sudah ada lebih dari 17 ribu perusahaan yang sudah mendaftarkan diri.

"Jadi memang ini sudah kami tunggu-tunggu ya tadi sudah disampaikan yang mendaftar melalui Kadin di bulan Februari sampai Maret itu 17.832 perusahaan, 8,6 juta peserta. Jadi memang jumlahnya sudah banyak yang mendaftar sebagai peserta. Jadi mereka sudah menunggu untuk mendapatkan vaksinasi ini," ujar Shinta beberapa waktu lalu.

Vaksin yang digunakan nantinya adalah Sinopharm. Vaksin Sinopharm merupakan jenis vaksin dengan platform virus yang di-inaktifkan. Vaksin telah didaftarkan di Indonesia dengan nama Sars-Cov-2 Vaccine Vero Cell Inactivated.

Satu kemasan vial vaksin jadi berisi 0,5 ml untuk 1 dosis vaksin dan diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak penyuntikkan 21-28 hari. Vaksin ini ditujukan untuk orang dewasa lebih dari 18 tahun.

BPOM terbitkan EUA tanggal 29 April 2021 dengan efikasi mencapai 78%. Komisi Fatwa MUI Hasanuddin menegaskan vaksin ini ketentuannya sama seperti vaksin (Covid-19) AstraZeneca, haram tapi bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Hingga saat ini sudah datang sebanyak 500 ribu dosis. Diharapkan hingga September akan tersedia 7,5 juta vaksin China itu.

"Kami harapkan 7,5 juta sampai bulan September. Datang secara bertahap," kata Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading