Transfer Uang & Bayar Tagihan di Brasil Bisa Lewat WhatsApp

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 May 2021 12:15
Infografis/sama mudahnya seperti kirim foto, Whatassap Payment resmi dirilis/Aristya Rahadian Krisabella Foto: Infografis/sama mudahnya seperti kirim foto, Whatassap Payment resmi dirilis/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan transfer uang di platform pesan WhatsApp akhirnya telah diluncurkan ulang di Brazil. Hal ini menyusul fitur tersebut diblokir bank sentral setempat pada tahun lalu.

Brazil menjadi negara kedua yang bisa mengakses layanan tersebut. Sebelumnya India telah memberikan izin layanan transfer uang di WhatsApp dilakukan pada November lalu, dikutip dari Reuters, Rabu (5/4/2021).

Pengguna hanya tinggal menggunakan kartu debit atau prabayar untuk bisa mengirimkan uang ke orang lain hingga 5000 Reais atau Rp13,2 jutaan perbulannya. Sebelumnya transaksi dilarang digunakan jika melebihi 1000 Reais atau lebih dari 20 kali transfer per hari.


Chief Operating Officer perusahaan, Matthew Idema menyebutkan peluncuran fitur baru WhatsApp ini akan dilakukan bertahap. Dimulai dari jumlah pengguna yang terbatas dan tidak diberitahu jika mendapatkan tools tersebut. Dengan begitu mereka akan diizinkan mengundang pengguna baru.

Layanan transfer uang itu sebenarnya sudah diluncurkan sejak Juni lalu di Brazil. Namun bank sentral memutuskan menangguhkannya selama beberapa hari saat itu.

Lembaga itu beralasan layanan dapat merusak sistem pembayaran yang telah ada, dalam hal persaingan, efisiensi dan juga privasi data.

Brazil akhirnya melakukan peninjauan pada jaringan pembayaran. Selain itu mereka diminta untuk menjadi jasa keuangan di Brazil dan akhirnya membuat unit baru bernama Facebook Pagamentos do Brazil yang sekarang diatur oleh bank sentral.

Namun bank sentral belum mengeluarkan lampu hijau pembayaran dengan merchant. Artinya diharapkan layanan pembayaran menambah jalur pendapatan baru di WhatsApp.

Idema mengatakan pembicaraan dengan bank sentral masih berlangsung. Facebook mengharapkan meluncurkan pembayaran merchant terjadi tahun ini, menolak berkomentar apakah itu akan menjadi layanan berbayar.

"Untuk pembayaran peluncuran WhatsApp menarik karena meningkatkan penggunaan aplikasi," ungkapnya.

WhatsApp memulai layanan pembayaran dengan jaringan kartu Visa Inc dan Mastercard serta prosesor pembayaran Cielo SA. Ini akan beroperasi dengan kartu yang diterbitkan oleh Banco do Brasil SA, Banco Intert, Banco Bradesco SA, Itau Unibanco Holding SA, fintech Nubank, Mercado Pago Mercado Libre dan Sicredi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading