Fitur Baru WhatsApp: Bisa Transfer Uang Semudah Kirim Pesan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 December 2021 14:20
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah pengguna WhatsApp kini bisa menerima dan transfer dana. Ini karena Meta Facebook sudah mengintegrasikan dompet digitalnya Novi dengan aplikasi bertukar pesan ini.

Uji coba integrasi ini masih tersedia terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat, ujar Stephane Kasriel dalam cuitannya melalui akun Twitter pribadinya, dan dikutip CNBC Indonesia Rabu (10/12/2021).

"Mulai hari ini beberapa orang di AS akan bisa mengirim dan menerima uang menggunakan Novi melalui WhatsApp, membuat pengiriman uang kepada keluarga dan teman semudah mengirim pesan," tulisnya.


Stephane Kasriel menambahkan proyek Novi masih dalam tahap awal. Pihaknya akan memutuskan akan mengembangkan layanan ini ke negara lain atau tidak setelah mendapatkan masukan dari pengguna.

WhatsAppFoto: Meta Facebook mengintegrasikan dompet digital Novi dengan WhatsApp sehingga pengguna bisa transfer uang semudah mengirim pesan (Doc. Twitter)

"Menggunakan Novi tidak mengubah privasi perpesanan atau telepon WhatsApp di mana selalu menggunakan end-to-end enkripsi," terangnya.

isu Meta Facebook mengintegrasikan Novi dan WhatsApp diungkap oleh XDA Developers bulan lalu. Untuk menggunakan layanan ini kemungkinan pengguna akan diminta data pribadi dan video selfie untuk verifikasi identitas.

Sebelumnya Novi bernama Calibra. ini merupakan dompet digital untuk menampung uang digital Facebook yang awalnya bernama Libra, yang kemudian diubah menjadi Diem.

Peluncuran Libra dan Diem mendapat tentangan dari banyak regulator dunia. Libra tidak diawasi oleh bank sentral negara manapun dan bila bermasalah bisa menimbulkan risiko guncangan sistem keuangan karena jumlah pengguna Facebook group cukup banyak.

Sejak itu pengembangan Libra dan Diem menjadi tak jelas. Calibra juga tak terpakai dengan maksimal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Boleh Dicoba! Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading