Menkominfo: RI Bakal Kuasai 40% Ekonomi Digital ASEAN

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2021 13:10
Johny G Plate, Mentri komunukasi dan Informatika. (Dok: Tangkapan layar Kemkominfo TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perekonomian digital Indonesia sata ini semakin besar. Di Asean tahun 2020, jumlahnya menjadi yang terbesar dengan US$44 juta.

"Perkembangan industri amat krusisal, fondasi perkeonomian adalah perekonomian digital, penguatan digital didorong betul, Indonesia perekonomian digital paling besar di Asean US$44 juta tahun 2020," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate, dalam Telco Forum CNBC Indonesia, Rabu (28/4/2021).

Sementara itu ekonomi digital diproyeksikan bisa mencapai US$133 miliar tahun 2025. Ini menjadi setara 40% digital ekonomi kawasan ASEAN.


Perkembangan digital juga bisa dilihat dengan jumlah unicorn yang ada. Johnny menyebutkan jumlahnya menjadi yang terbanyak.

Untuk mendorong struktur itu, Kominfo juga melakukan sjeumlah gerakan seperti 1000 startup digital. Diharapkan juga ekosistem bisa ikut ambil bagian dengan begitu struktur ekoomi bisa berkembang.

Menurutnya, pemerintah akan terus berperan dalam tiga hal yakni regulator, akseletrator dan fasilitator.

"kominfo akan terus berperan sebagai regulator sbg akselrator dan fasilitatro transforasi digital kita," ujarnya.

Johnny mengatakan ini semua agar Indoensia bsia menjadi tuan rumah untuk digital. Dia juga menginginkan untuk bisa terus berkerja sama dalam lintas sektor.

"kemitraan linta sektor keberhasilan mari persatukan, semakin digital semkian maju," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading