Gelar Transformasi Digital di Indonesia, Ini Siasat Kominfo

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2021 11:46
Menteri Komunikasi dan Informasi & Teknologi RI, Johnny G. Plate dalam acara Telco Forum 2021 Bertema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan alasan Indonesia menggelar transformasi digital adalah agar semua masyarakat Indonesia mendapat manfaat dari kemajuan digital yang terus berkembang.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kominfo melakukan kolaborasi dengan pelaku industri dan digital lainnya. Selain itu Kominfo juga membenahi empat aspek.

Pertama, tata kelola spektrum frekuensi. Dengan adanya hal ini akan mendorong teknologi mutakhir 5G. Salah caranya dengan farming dan refarming spektrum guna meningkatkan efisiensi penggunanya.


"Spektrum seperti bangun jalan tol. tidak mungkin bangun jalan tol kalau tidak tersedia land bank. Harus juga melakukan pembebasan lahan bahkan yang sudah memiliki sertifikat," ujarnya dalam webinar CNBC Indonesia bertajuk "Telco Forum 2021: 5G Masa Depan Komunikasi RI", Rabu (28/4/2021).

"Terkait dengan telekomunikasi, tidak akan bermanfaat infrastruktur jika tak tersedia spektrum yang memadai. Perlu kita lakukan farming dan refarming spektrum."

Kedua, efesiensi digitalisasi penyiaran nasional melalui kebijakan analog switch off ke siaran digital pada 22 November 2022.

Ketiga pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi hingga seluruh nasional. Salah satu bentuknya dengan pemberian layanan 4G pada seluruh Indonesia pada 2022.

Keempat, penguatan regulasi di bidang digital ekosistem digital. Pemerintah juga sudah aturan turunan dari UU Ciptakerja dalam Peraturan Pemerintah No. 40 tentang poltelsiar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading