RI Mau Selenggarakan Jaringan 5G, Ini Saran Telkomsel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2021 11:50
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hartoro dalam acara Telco Forum 2021 Bertema

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hartoro mengatakan untuk menyelenggarakan jaringan 5G penataan spektrum merupakan faktor yang utama. Indonesia sendiri sudah memiliki peta jalan implementasi 5G.

"Kalau mau bangun jalan harus jelas penggunaan tanahnya, sudah ada roadmap di operator telekomunikasi. Kalau penataan jelas di awal mudah bagi kami menerapkan teknologi, infrastrukturnya," ujarnya dalam webinar CNBC Indonesia bertajuk "Telco Forum 2021: 5G Masa Depan Komunikasi RI", Rabu (28/4/2021).

"The sooner, the better sehingga penataan lebih efisien. Jadi pelayanan pada masyarakat bisa lebih luas, bagus dam affordable sehingga bisa ada network desain yang bagus."


Setyanto Hartoro menambahkan secara umum industri telekomunikasi dan masyarakat, pasti membutuhkan teknologi yang lebih maju dalam hal ini 5G. Bersama seluruh pelaku industri, menciptakan industri yang didukung 5G secara advance dan lebuh efisien.

"Kuncinya bagaimana bekerja sama, tetapi bekerja bersama dalam hal infrastruktur dan penggunaan sumber daya, yang lain bagaimana memberikan layanan terbaik secara berkelanjutan," terangnya.

"Bisnis harus berjalan kalau investasi dan tingkat pengembalian jelek layanannya gak bagus, harus ada titik imbang dari ekosistem dan use case industri."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading