Cermati Hal Ini Jika Tak Mau Covid RI Menggila Kayak India

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 April 2021 17:55
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - India sedang dilanda gelombang kedua Covid-19. Saat ini terjadi lonjakan warga yang terinfeksi virus, bahkan situasi ini digambarkan seperti tsunami.

Merujuk data Worldmeter, Senin (19/4/2021), kasus positif Covid-19 di India sudah tembus 15,06 juta kasus. India kini menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar kedua di dunia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lantas angkat bicara mengenai lonjakan kasus yang terjadi di India. Menurutnya, ada dua faktor yang menjadi biang kerok kasus Covid-19 di negeri Bollywood merangkak naik.


"Pertama, mutasi baru yang juga sudah masuk ke Indonesia, walaupun kita juga masih sangat sedikit insidennya," kata Budi dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (19/4/2021).

Faktor kedua, masyarakat India dianggap terlalu terlena lantaran perkembangan kasus yang menurun dan program vaksinasi yang sukses. Budi mengatakan, masyarakat India lengah dan mengendorkan protokol masyarakat.

"Mereka mengendorkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelasnya.

 Budi menegaskan bahwa kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro cukup sukses menghambat penularan.

"Menurut kami sudah sangat baik. Kalau bisa kita jalankan di masa Ramadan dan Idul Fitri, kita tidak alami apa yang terjadi di India. Jadi jangan lupa, tetap hati-hati, tetap waspada, jalankan protokol PPKM mikro," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading