Sempat Anjlok 21% Dalam Sehari, Apa Kabar Harga Ethereum?

Tech - roy, CNBC Indonesia
19 April 2021 13:35
Ethereum

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain Bitcoin, Ethereum adalah uang kripto yang paling banyak dikumpulkan oleh para investor cryptocurrency. Harga uang kripto ini pun sudah tembus Rp 30 jutaan per koin.

Menurut Coindesk, pada Senin (19/4/2021), harga Ehtereum hari ini sudah tembus US$2.248 per koin atau setara Rp 32,75 juta (kurs rupiah saat ini). Harganya meningkatkan 2,08% dibandingkan sehari sebelumnya.

Sehari sebelumnya, uang kripto Ethereum sempat diperdagangkan pada US$1.952,64 atau anjlok 21,46%.


Harga tertinggi Ethereum sepanjang masa menyentuh US$2.547 per koin. Dalam sejak awal tahun Ethereum telah memberikan return 203,29%, lebih tinggi dari Bitcoin yang memberi return 100%-an. Ethereum kini memiliki kapitalisasi pasar US$259,35% terbesar kedua setelah Bitcoin.

Berbeda dengan Bitcoin, Ethereum bekerja sebagai plaftorm software yang terdesentralisasi menggunakna basis blockchain. Teknologi Ethereum sudah digunakan untuk melakukan transfer dana atau uang.

Teknologi Ethereum juga digunakan untuk pelelangan berbasis non-fungible token (NFT) yang merupakan pelelangan tercatat dengan skema blockchain. Saat ini NFT sedang booming dan digandrungi olhe para penggemar seni.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengungkapkan harga Ethereum berpotensi meningkat. Pasalnya, Ethereum akan melakukan upgrade besar-besaran di pertengahan tahun mendatang. Ethereum akan melakukan upgrade EIP-1559 dimana akan ada beberapa jumlah Ethereum yang akan 'burn' atau dimusnahkan. Ini untuk mengurangi pasokan maksimal Ethereum pada tahun-tahun mendatang.

"Ethereum terus berbenah mengatasi masalah pasokannya yang unlimited atau tidak terbatas. Ethereum akan melakukan upgrade dengan 'burn' sehingga nantinya akan banyak Ethereum yang dimusnahkan. Jika, pasokan Ethereum berkurang, maka kemungkinan besar harganya akan meningkat drastis," jelasnya, seperti dikutip Senin (19/4/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading