Induk Shopee Dikabarkan Incar Bank Aladin Syariah

Tech - roy, CNBC Indonesia
15 April 2021 15:13
Ilustrasi Bank Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab dikabarkan mencaplok 4% saham PT Elang Teknologi Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dengan nilai Rp 4 triliun ini dengan mekanisme private placement.

Ini merupakan laporan Straits Times dengan mengutip sumber yang mengetahui transaksi tersebut namun tak mau identitasnya diungkap ke publik, dikutip Kamis (15/4/2021).

"Grab membeli melalui H Holding," ujar Sumber tersebut. Dana ini akan digunakan untuk operasional sehari-hari.


Informasi ini menghidupkan kembali isu merger DANA dan OVO. DANA merupakan dompet digital yang dimiliki oleh Emtek sementara Grab menguasai 39,2% saham OVO.

Sayangnya Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartoto tidak menjawab permintaan konfirmasi dari Strait Times soal pembelian saham dan potensi merger dua dompet digital. Begitu juga Grab.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan SEA Ltd, induk Shopee sedang mengincar Bank Aladin Syariah untuk mencari kesempatan untuk jadi patner online dari anak usahanya Shopee.

SEA Ltd sendiri sudah memiliki Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE). Bank ini kini sudah berubah nama menjadi Bank Seabank Indonesia.

Bank Aladin Syariah dulunya bernama PT Bank Net Indonesia Syariah. Sebelum diakuisisi PT NTI Global Indonesia, dan PT Berkah Anugerah Abadi, bank ini bernama Bank Maybank Syariah Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi manajemen BANK, ada tiga eks petinggi OVO yang menjadi direktur dan tengah menunggu hasil fit and proper test dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketiganya yakni Firdila Sari (mantan head of product OVO) sebagai Direktur Digital Banking,Willy HambaliĀ (mantan chief product officer OVO) sebagai Direktur Keuangan dan Strategi, dan Budi Kusmiantoro (chief teknologi officer OVO)sebagai Direktur Teknologi Informasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading