Bos Ford Motor Sentil Mobil Listrik Otonom Tesla Elon Musk

Tech - roy, CNBC Indonesia
15 April 2021 12:04
New Ford Focus is presented during a media preview of the Auto China 2018 motor show in Beijing, China April 25, 2018. REUTERS/Damir Sagolj

Jakarta, CNBC Indonesia - Ford Motor mengekor Tesla dalam banyak hal saat memperkenalkan Mustang Mach-E, kendaraan listrik baterai barunya. Namun CEO Jimm Farley menulis di akun twitter menunjukkan Ford tidak mengikuti langkah Tesla ketika menguji teknologi mobil tanpa sopir.

Dalam cuitannya tentang sistem teknologi mobil tanpa sopir Ford yang akan datang, Farley berkata: "BlueCruise! Kami mengujinya di dunia nyata, jadi pelanggan kami tidak perlu melakukannya," tulisnya seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (15/4/2021).

Pesan itu menusuk Tesla dan CEO Elon Musk.


Pada bulan Oktober 2020, Tesla merilis versi beta, atau belum selesai, dari sistem bantuan pengemudi premium yang dipasarkan perusahaan sebagai "Full Self-Driving" atau FSD kepada pelanggan.

Hanya beberapa pelanggan yang memiliki opsi FSD mendapatkan akses ke versi beta untuk mencoba fitur terbaru yang ditambahkan ke sistem sebelum semua bug berhasil diselesaikan. Tesla mengungkapkan mereka telah meluncurkan FSD beta ke 2.000 pengemudi sebelumnya, tetapi mencabut akses untuk beberapa pengemudi yang diduga tidak memperhatikan jalan dengan baik.

Dalam update terbarunya, melalui Twitter, Musk mengatakan pada 9 April bahwa Tesla "Hampir siap dengan FSD Beta V9.0. Peningkatan perubahan yang sangat besar, terutama untuk kasus sudut aneh & cuaca buruk. Penglihatan murni, tidak ada radar."

Terlepas dari nama mereknya, sistem FSD tidak mampu mengendalikan kendaraan Tesla dalam semua kondisi berkendara normal. Tesla mengatakan kepada DMV California akhir tahun lalu, "baik Autopilot maupun FSD Capability bukanlah sistem otonom."

Tesla menghadapi kritik atas nama merek Full Self Driving di AS, dan pengadilan Jerman melarang Tesla menggunakan istilah Autopilot dan Full Self-Driving dalam periklanan karena mereka melebih-lebihkan kemampuan kendaraan Tesla.

Ada juga beberapa kecelakaan baru-baru ini yang melibatkan Teslas, mendorong penyelidikan federal yang akan menentukan apakah teknologi itu kemungkinan berkontribusi atau menyebabkan tabrakan.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional mengatakan bulan lalu bahwa mereka telah membuka 27 penyelidikan kecelakaan kendaraan Tesla, 23 di antaranya tetap aktif, menurut Reuters.

Menurut Ford, sistem BlueCruise-nya akan dirilis akhir tahun ini pada Ford F-150 2021 dan Mustang Mach-E 2021 setelah lebih dari 500.000 mil pengujian pengembangan dan fine-tuning.

Penggunaan sistem Ford juga dibatasi untuk jalan raya tertentu yang telah dipetakan sebelumnya di AS dan Kanada. Tesla tidak membatasi penggunaan Autopilot dan FSD atau FSD beta dengan cara yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading