Di Depan Merkel, Jokowi Pamer RI Punya 5 Unicorn & 1 Decacorn

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 April 2021 19:10
Pembukaan Hannover Messe 2021, Istana Negara, 12 April 2021. (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Hannover Messe 2021 yang berlangsung secara virtual, Senin (12/4/2021).

Dalam sambutan yang disampaikan dari Istana Negara, Jakarta, Jokowi mengaku bersyukur Indonesia dapat kembali menjadi negara mitra Hannover Messe untuk kedua kali setelah 26 tahun.

Kepala negara bilang kalau tema Hannover Messe tahun ini, yaitu transformasi teknologi, sangat relevan dengan situasi pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi, transformasi teknologi digital semakin penting. Transformasi teknologi yang menciptakan momentum, bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi, namun sekaligus melakukan lompatan besar ke depan," kata Jokowi.

Di depan Kanselir Jerman Angela Merkel, Jokowi menyebut 2045 akan menjadi abad emas Indonesia. Semua itu bisa diwujudkan melalui revolusi industri 4.0.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengklaim ekonomi digital dan revolusi industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara.




Indonesia, menurut Jokowi, memiliki 2.193 startup atau kelima terbesar di dunia.

"Indonesia memiliki 5 unicorn dan bahkan Indonesia telah memiliki satu decacorn. Ke depan industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar 133 miliar dolar AS di 2025," ujarnya.

"Didukung 185 juta penduduk yang memiliki akses internet, terbesar keempat di dunia. Kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Indonesia top 10 economy global di tahun 2030," lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Indonesia sendiri telah menyiapkan roadmap implementasi making Indonesia 4.0.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading