Di Hadapan Jokowi, Merkel Janji Bantu Vaksinasi Negara Miskin

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 April 2021 20:53
Kanselir Jerman dalam acara pembukaan Hannover Messe 2021, Istana Negara, 12 April 2021. (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan akan membantu mendistribusikan vaksin kepada negara-negara kurang mampu di dunia. Hal itu disampaikan oleh Merkel dalam sambutannya pembukaan Hannover Messe 2021 pada, Senin (12/4/2021).

"Sebagai senjata paling kuat ekonomi kita ada vaksinasi," kata Merkel. "Oleh karena itu kita usahakan vaksinasi, meski vaksinasi belum menjaminkan bahwa di masa depan itu cukup, karena kita belum tahu mutasi baru dapat dibasmi dengan vaksin."

Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Merkel juga mengatakan akan membantu mendistribusikan vaksin kepada negara-negara kurang mampu di dunia.



"Pandemi ini belum diatasi negara yang kurang penghasilannya dan tidak bisa mendapatkan vaksin secara cukup," ujarnya. "Maka kami (Jerman) ingin menunjukkan bahwa negara yang kurang kemampuannya harus diberi akses vaksin."

Merkel menjelaskan jika Jerman kini telah berhasil mengoperasikan pabrik vaksin Covid-19 buatan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech SE, kerja sama dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat Pfizer Inc. Tak hanya itu, Merkel juga mengatakan perusahaan AS Johnson & Johnson juga akan memulai produksi vaksin di Jerman.

"Tujuannya agar kita bisa menjamin akses vaksin sebanyak mungkin," kata Merkel.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading