Internasional

Kenapa Xi Jinping Setop Pendaftaran Sekolah Bisnis Jack Ma?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 April 2021 09:56
Jack Ma, executive chairman of the Alibaba Group, looks up during a panel discussion held as part of the China Development Forum at the Diaoyutai State Guesthouse in Beijing, Saturday, March 19, 2016. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma, kian dibuat merana oleh China. Pemerintah Tiongkok kini menyasar sekolah bisnis buatan pendiri Alibaba itu dan berusaha menghentikan pendaftarannya.

Atas kabar tersebut baik Alibaba dan sekolah bisnis tersebut Hupan Academy belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters, dikutip CNN, Sabtu (10/4/2021).

Sebagai informasi, Hupan Academy didirikan Jack Ma pada 2015 lalu. Selama 3 tahun, para siswa di sekolah elite itu harus mengeluarkan uang senilai 580 ribu Yuan atau Rp 1,2 miliar.


Murid yang bersekolah di sana pun tak main-main. Salah satunya adalah eksekutif Keep, perusahaan olahraga terkenal di China hingga eksekutif Horizon Robotics.

Jack Ma memang memiliki ketertarikan sendiri dalam dunia pendidikan dan menjadi komitmennya sejak tak lagi duduk sebagai bos Alibaba 2019 lalu. Untuk menjalankan komitmennya, sekolah itu merupakan salah satu inisiatifnya.

Penghentian pendaftaran ini hadir saat pemerintah China melakukan pengawasan ketat pada seluruh bisnis Jack Ma.

Sejak akhir tahun lalu, hubungan Jack Ma dan pemerintah China yang dipimpin Presiden Xi Jinping memang tak mulus. Dimulai sejak Jack Ma melontarkan kritikan pada regulator di hadapan umum.

Setelahnya berbagai kesialan muncul. Misalnya Ant Group, afiliasi keuangan Alibaba gagal untuk mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO).

Dikabarkan rencana itu gagal, karena ada tekanan dari pihak otoritas. IPO itu rencananya senilai US$37 miliar di Shanghai.

Jack Ma juga sempat dikabarkan hilang setelah tak pernah muncul di hadapan publik sejak bermasalah dengan pemerintah China. Dia baru hadir beberapa waktu lalu dalam sebuah tayangan video untuk sebuah acara yang melibatkan guru.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading