HP 5G Nokia X20 Mulai Dijual, Semurah Apa Harganya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 April 2021 11:56
Nokia X20 (dok. Nokia) Foto: Nokia X20 (dok. Nokia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nokia baru saja meluncurkan enam smartphone baru, salah satunya X20 yang memiliki spek dan harga tertinggi serta didukung jaringan 5G. Hadir dengan harga terjangkau, analis memprediksi disebabkan kesulitan Nokia untuk berkompetisi di pasar premium.

Wakil Presiden untuk perangkat Eropa di IDC, Francisco Jeronimo, mengatakan Nokia akan menemui kesulitan untuk kelas harga tinggi. Hal itu yang menyebabkan perusahaan menargetkan di kelas harga rendah.

"Saya pikir akan sulit bagi (Nokia) untuk bisa berkompetisi dengan portofolio tertinggi dalam pasar, itulah mengapa mereka sekarang menargetkan harga yang lebih rendah," kata Fransisco.

Dia menambahkan untuk pasar b2b, Nokia jauh bekerja keras menembusnya. Menurutnya, market ini jadi peluang baik karena belum banyak pemain di sana.

Nokia X20 (dok. Nokia)Foto: Nokia X20 (dok. Nokia)
Nokia X20 (dok. Nokia)



Dalam laporan IDC tahun lalu, Nokia menyumbang 0,6% dari pasar smartphone. Pengiriman tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan LG maupun Honor.

Di sisi lain, performa terbaik terlihat pada feature phone yang menguasai 16% selama tahun 2020.

Sebagai informasi Nokia X20 hadir dengan bentang layar 6,67 inci. Di bagian belakang terdapat empat kamera termasuk lensa utama 64MP.

X20 memiliki fitur dual sight, yakni dapat menangkap dua lensa berbeda dalam waktu bersamaan, dikutip CNBC Internasional, Jumat (9/4/2021).



Nokia X20 menggunakan Qualcomm Snapdragon 480 5G. Ponsel juga berhala pada sistem operasi Android serta pembaruan keamanan selama tiga tahun.

X20 dijual dengan harga 309 euro atau Rp5,3 jutaan. Sementara itu Nokia juga merilis seri lain yakni Nokia G yang lebih terjangkau dari X dan Nokia C menjadi paling murah yakni 75 euro (Rp1,3 jutaan) untuk C10.

Di Eropa, X20 hadir bulan depan sementara belum ada informasi mengenai ketersediaan di tempat lain termasuk AS.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading