Facebook, Instagram & WhatsApp Kompak Down Tadi Pagi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 April 2021 11:40
WhatsApp (Reuters) Foto: WhatsApp (Reuters)

Jakarta, CNBC Indonesia - Platform dalam keluarga Facebook mengalami pemadaman bersamaan tadi pagi. Kesulitan mengakses atau down terjadi termasuk pada WhatsApp, Messenger dan Instagram.

Facebook belum menanggapi permintaan komentar terkait pemadaman pada platform jejaring sosialnya itu, dikutip Reuters, Jumat (9/4/2021).

Laman Down Detector memperlihatkan laporan terjadi pada pukul 18:00 ET hari Kamis atau sekitar pukul 5:00 WIB pagi tadi. Sekitar ratusan ribu pengguna dari seluruh platform terdampak atas pemadaman tersebut.


Pada Web Facebook terdapat 112 ribu untuk situs Web Facebook. Sedangkan ada 101 ribu pengguna Instagram dan WhatsApp sebanyak 516 pengguna.

Dalam laman tersebut, laporan menyebutkan jika lebih dari sebagian pengguna atau sekitar 56% mengalami total blackout saat pemadaman. Sementara adapula yang mengalami masalah saat log in 26%, dan mengakses Newsfeed 16%.

Sedangkan pada Instagram, dilaporkan 72% mengalami masalah pada Newsfeed, 17% untuk website, dan 9% pada Log in. Untuk Messenger, pengguna melaporkan kesulitan untuk terhubung dengan server (45%), menerima pesan (37%) dan Log in (16%).

Pada WhatsApp, pengguna terbanyak melaporkan soal koneksi (73%). Adapula yang mengalami masalah saat mengirimkan dan menerima pesan (18%) dan 7% saat Log-in.

Walau pelaporan seluruh platform mulai menurun beberapa jam lalu, namun hingga sekarang masih ada yang melaporkan yang masuk pada laman DownDetector.

Sejumlah pengguna juga melaporkan pemadaman aplikasi-aplikasi itu di Twitter. Beberapa dari mereka menyatakan menuju Twitter hanya ingin memastikan kebenaran kejadian tersebut.

Salah satu pengguna bahkan mengeluarkan meme lucu menandai kebutuhan akan Twitter soal informasi pemadaman di aplikasi lain.Ada juga yang menyatakan jika masih ada platform yang tidak mengecewakan saat Instagram down, yakni Twitter dan juga Sporify.




[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading