VIP Forum Digital Banking

Bank Digital Butuh Ekosistem, Ini Kata Bos Bukopin

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 April 2021 13:50
Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono dalam acara VIP Forum bertajuk Foto: Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono dalam acara VIP Forum bertajuk

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan, berkembangnya financial technology (Fintech) menumbuhkan ekosistem tersendiri di Indonesia, hal ini terkait juga bagaimana ekosistem untuk bank digital.

"Tapi yang penting ekosistem ini kita semua harus kolaborasi. Paling tidak membentuk ekosistem sendiri bahwa kita melihat ekosistem yang kuat, customer yang punya customer experience yang baik," ujarnya dalam VIP Forum "Membongkar Ekspansi Bank Digital dan Neo Bank di Indonesia" di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Di sisi lain, lanjutnya, dalam membentuk ekosistem, tentu beberapa metode dilakukan dengan berbagai pelaku fintech. Dia menambahkan bahwa langkah terbaik adalah dengan cara membangun dan mengikat ekosistem saling kerjasama dibanding melakukan kompetisi.


"Ketika kolaborasi satu sama lain membangun ekosistem ini akan menjadi langkah yang baik. Menggunakan perangkat, kita akan mencapai konklusi mengedukasi masyarakat menggunakan seluruh service atau pelayanan perbankan. Bagaimana kolaborasi dengan ekosistem," katanya.

Informasi saja, KB Bukopin menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh KB Kookmin, di mana bank asal Korea Selatan tersebut telah menjadi pemegang saham pengendali.

"Misalnya proses otomasi, keterbatasan jumlah karyawan masuk dalam manfaat," katanya.

Selanjutnya, data analytic juga dikembangkan. Bagaimana pemanfaatan data dan akan diterapkan kepada 60 juta pelanggan KB Bukopin. Selanjutnya, dari sisi marketing bisa menggunakan Artificial Intelligence (AI).

"Setidaknya migrasi salah satu unsur yang kita akan siapkan dengan baik. Diharapkan migrasi, bagian dari konversi dari teknologi yang dimiliki sebelumnya," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading