Bye-bye Kliring, BI Luncurkan Fast Payment Tahun Ini

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
05 April 2021 13:55
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo Mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia Bulan Maret 2021. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan akan segera meluncurkan sistem pembayaran terbaru yakni BI Fast Payment. Sistem pembayaran ini akan menggantikan sistem pembayaran BI kliring yang selama ini dimiliki bank sentral.

"BI tahun akan ini meluncurkan fast payment 24/7 real time untuk ritel payment menggantikan sistem kliring nasional BI," ujar Perry dalam pembukaan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Senin (5/4/2021).

BI Fast merupakan infrastruktur Sistem Pembayaran ritel yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel menggunakan berbagai instrumen dan kanal pembayaran yang dapat dilakukan secara real time dan 24/7.


Adapun karakteristik BI fast payment adalah beroperasi selama 24 jam setiap harinya, real time di level bank dan nasabah, transaksi push dan pull. Selain itu, dapat menggunakan Proxy Address, memiliki fraud detection system dan fitur notifikasi kepada nasabah secara otomatis.

Dengan adanya BI fast ini, Perry berharap semua transaksi digital bisa dilakukan dengan cepat bahkan hanya hitungan detik dan bisa beroperasi secara terus menerus.

"InsyaAllah (BI fast payment) itu akan percepat penyelesaian transaksi real time," kata dia.

Perry pun sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti asosiasi serta perbankan untuk terus mendorong percepatan transformasi digital sistem Pembayaran Indonesia.

"Kami juga sama industri perbankan, asosiasi dorong terus digitalisasi perbankan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BI dan BPS Buat Data Hub, Buat Apa?


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading