BI Ungkap Dominasi Fintech di Pembayaran Ritel Indonesia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 March 2021 14:30
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan teknologi digital mendorong munculnya sejumlah pemain baru. Termasuk adanya peningkatan pemain non bank seperti fintech di sektor pembayaran ritel.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta mengatakan pada sektor payment (pembayaran) pemain baru dapat mengubah tatanan keuangan.

"Lima tahun lalu tidak pernah membayangkan non bank ini akan mendominasi ritail payment. Tetapi dari 10 pemain besar, lima adalah non bank," kata Fillianingsih dalam Seri Webinar Ekosistem Ekonomi Digital oleh CSIS, Rabu (31/3/2021).


Dia mengatakan inovasi layanan mulai bermunculan karena adanya perubahan bisnis. Selain itu juga dengan memanfaatkan teknologi serta akumulasi data granular.

Fillianingsih juga membicarakan mengenai pentingnya data dalam ekonomi. Hingga terdapat ungkapan yakni data is the new oil. Dari data yang didapatkan menjadi aset yang berharga, hingga dapat menggerakkan daya saing diantara pelaku industri.

Dari data-data bersifat granular dimanfaatkan para pelaku industri untuk memberikan layanan pada konsumen. Karena menurutnya, persaingan antar pemain bisa dimenangkan oleh mereka yang memiliki wawasan mengenai consumer centric dan loyalitas konsumen.

Perkembangan digital yang semakin menguat ini juga harus dibarengi dengan adanya resiko. Menurut Fillianingsih, perlu untuk meminimalisir resiko yang muncul nantinya.

"Kami di bank sentral melihat memiliki tantangan mencari titik keseimbangan mengoptimalkan peluang dan mengupayakan mitigasi resiko," kata dia.

Sejumlah resiko nya adalah adanya kebocoran hingga penjualan dan beli data individu. Menurutnya jika tantangan ini tidak segera diatasi, maka bisa muncul masalah kepercayaan dari para konsumen.

"Kalau kita tidak atasi bisa meruntuhkan kepercayaan konsumen atas integritas sistem keuangan dan pembayaran," ungkap Fillianingsih.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading