Segera, Orang RI Bayar Belanjaan di ASEAN Tinggal Scan Ponsel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 August 2021 14:15
Plus Minus Standarisasi QRIS

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia pada 17 Agustus 2021 kemarin meluncurkan Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan peluncuran pra resmi QRIS Antarnegara. Khusus untuk QRIS, melakukan piloting dan telah diumumkan sudah bekerja sama dengan Bank of Thailand.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta mengatakan QRIS dapat digunakan untuk melakukan transaksi di luar negeri. Penggunaan QRIS ini juga jauh lebih murah dibandingkan menggunakan layanan pembayaran di luar negeri.

"Dengan QRIS antar negara ini biayanya pasti lebih murah daripada ambil uang tunai di ATM di luar negeri. QRIS ini enggak usah mikir, kalau mau berangkat saja asal diisi saldonya," jelas Filianingsih, dalam Taklimat Media Peraturan Bank Indonesia secara online, Senin (23/8/2021).


Untuk saat ini, QRIS antarnegara masih melakukan piloting di Thailand dengan menggandeng 11 PJP seperti Link Aja, Shopeepay, Dana, Bank Mega, dan Bank Mandiri. Selain itu ada bank settlement di Indonesia adalah BCA, BNI, dan BRI, sementara Thailand dengan Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

Dengan menggunakan QRIS, masyarakat bisa dengan mudah untuk berbelanja di negara lain. Filianingsih mencontohkan warga Indonesia bisa berbelanja ke e-commerce Thailand dan membayar menggunakan QRIS.

Begitu juga dengan masyarakat Thailand bisa menggunakan untuk berbelanja di e-commerce tanah air. Konversi pembayaran akan dilakukan langsung sesuai dengan kurs di hari tersebut.

"Misalnya harganya 10 Thai Bath, nah nanti langsung dikonversi 10 Thai Bath sama dengan kurs hari ini sama dengan sekian. Yang didebet adalah sumber dana," jelasnya.

QRIS ini memiliki tiga tahapan pengembangan, dimulai dari domestik, cross border ASEAN lalu keluar wilayah Asia Tenggara. Setelah piloting di Thailand, akan melakukan uji coba di bank negara Malaysia.

Sementara itu setelah bekerja sama di wilayah Asia Tenggara berikutnya adalah keluar wilayah. Dia mengatakan tahapan berikutnya salah satunya menuju ke Saudi Arabia.

"Berikut nya sudah ada beberapa negara yang approach kita juga, negara di ASEAN yang berminat juga untuk kerja sama QRIS cross border," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading