Kapan Prakerja Gelombang 17 Dibuka? Ini Bocoran Orang Dalam!

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 March 2021 15:35
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16 sudah resmi ditutup kemarin, Minggu (28/3/2021). Lantas, kapan Prakerja Gelombang 17 Dibuka?

Seperti diketahui, pendaftaran Gelombang 16 merupakan pendaftaran gelombang terakhir di Semester I-2021. Pasalnya target penerimaan peserta pada Semester I-2021 hanya sebanyak 2,7 juta orang.

Dengan kuota 300 ribu orang penerima di gelombang 16, maka target peserta program Kartu Prakerja pun terpenuhi asal semua peserta melakukan pembelian paket pelatihan.


Head of Communications Manajemen Pelaksana Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih memantau kemajuan penerima Prakerja gelombang sebelumnya dalam membeli pelatihan pertama.

Sesuai ketentuan, penerima Kartu Prakerja wajib membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai peserta Kartu Prakerja. Bila tidak dilakukan maka kepesertaan dan insentif akan hangus.

Informasi saja, peserta prakerja mendapatkan manfaat senilai Rp 3,55 juta. Sebesar Rp 1 juta untuk pelatihan online. Sebesar Rp 2,4 juta akan diberikan dalam bentuk uang tunai yang ditransfer selama 4 bulan masing-masing Rp 600 ribu. Terakhir, insentif sebesar Rp 150 ribu untuk keikutsertaan dalam survei sebanyak tiga kali.

"[Prakerja] gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja," jelas Louisa melalui pesan tertulisnya, Senin (29/3/2021).

Adapun, lanjut Louisa batas akhir pembelian pelatihan pertama pada gelombang 12 baru akan berakhir pada 1 April 2021 pukul 23.59 WIB.

Oleh karena itu, PMO Kartu Prakerja masih belum bisa mengumumkan ada berapa jumlah kuota yang bisa ditetapkan untuk penerimaan Kartu Prakerja Gelombang 17.

"1 April itu adalah deadline untuk gelombang 12. Masih harus menunggu gelombang 13-16," tuturnya.

Jadi, bagi masyarakat yang mau menjadi peserta program Kartu Prakerja diharapkan untuk bersabar menunggu pengumuman lebih lanjut dari PMO Kartu Prakerja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prakerja Gelombang 17 Dibuka, Daftarnya di Prakerja.go.id


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading