Awas! Kepesertaan & Insentif Prakerja Bisa Dicabut dan Hangus

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
25 March 2021 11:30
INFOGRAFIS, Ini Syarat Dapat Kartu Prakerja Gelombang 14

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran Prakerja gelombang 16 resmi dibuka hari ini (25/3/2021) mulai 12.00 WIB. Namun bagi kalian yang sudah lolos jadi peserta harus paham kepesertaan dan insentif Prakerja sebesar Rp 3,55 juta bisa dicabut dan hangus.

Pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 16 dikonfirmasi langsung oleh Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja LouisaTuhatu, Kamis (25/5/2021).

"Gelombang 16 akan dibuka siang ini jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000 [peserta]. Dengan demikian genaplah target kami untuk merekrut 2,7 juta di semester pertama tahun 2021," ujar Louisa Tuhatu.


Terkait dengan kepesertaan dan insentif yang bisa hangus dan dicabut, Louisa Tuhatu mengungkapkan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) No. 11 tahun 2020 tentang Prakerja.

Disebutkan peserta yang sudah lolos punya waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak maka akan dicabut.

"Menurut Permenko, mereka harus sudah membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak maka kepesertaannya akan dicabut," ungkap Louisa.

Informasi saja, setiap peserta Prakerja diberikan saldo sebesar Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan. Setelah pelatihan selesai dan mendaftarkan sertifikat maka peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta. Insentif ini diberikan masing-masing Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Selanjutnya peserta akan mendapatkan insentif masing-masing Rp 50 ribu untuk tiga kali keterlibatannya dalam survei Prakerja. Total manfaat yang didapatkan peserta Prakerja Rp 3,55 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading