Apple, Xiaomi, & Huawei Lirik Mobil Listrik, Tesla Terancam?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 March 2021 17:00
FILE PHOTO: A Tesla Model X vehicle is charged by a supercharger outside a Tesla electric car dealership in Sydney, Australia, May 31, 2017.  REUTERS/Jason Reed/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa produsen mobil listrik, Tesla patut berwaspada. Sebab mulai banyak perusahaan melirik bisnis mobil listrik tak terkecuali vendor smartphone yakni Apple, Xiaomi dan Huawei.

Xiaomi dilaporkan akan membuat mobil listrik menggandeng perusahaan Great Wall Motor Co Ltd. Informasi itu diungkap dalam laporan Reuters mengutip tiga orang sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Dikabarkan Xiaomi akan memproduksi mobil listrik dengan merek sendiri. Selain itu juga kendaraan menyasar masyarakat kelas memengah ke bawah, sama dengan posisi perusahaan di industri produk elektronik, dikutip Sabtu (27/3/2021).


Great Wall akan bertindak untuk memberikan konsultasi teknis dalam rangka mempercepat proyek bersama Xiaomi.

Salah seorang sumber menyebutkan alasan Xiaomi masuk ke mobil listrik karena ada andil dari pendiri dan Chief Executive Xiaomi Lei Jun. Dia menyebutkan percaya perusahaannya memiliki keahlian untuk membuat software yang membantu mempercepat desain dan produksi mobil listrik.

Analis Senior LMC Automotive, Alan Kang mengatakan Xiaomi ingin mencari produsen mobil untuk menyediakan model infrastruktur. Perusahaan asal China itu juga akan menggunakan keuntungan yang dimiliki dalam teknologi internet seluler.

"Keunggulan Xiaomi dalam sistem operasi dan perabot rumah juga membawa banyak imajinasi untuk kerja sama itu di masa depan," kata dia.

Kabarnya kerja sama keduanya akan diumumkan paling cepat minggu depan. Namun hingga saat ini, baik Xiaomi dan Great Wall enggan memberikan komentar.

Apple Buat Apple Car
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading