Percepat Vaksinasi Covid, BUMN Keroyokan Bikin Sentra Vaksin

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 March 2021 17:00
Pelantikan pejabat di Kementerian BUM. (Dok: BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian BUMN menjadi salah satu pihak yang berupaya memerangi sebaran Covid-19 di Indonesia, mulai dari dukungan RS hingga vaksinasi.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan dari sisi RS misalnya, BUMN menyediakan RS di 18 provinsi. Selain itu KBUMn juga menyediakan tempat tidur untuk perawatn hingga tempat tidur ICU.

"Serta 19 laboratorium uji swab yang mendorong standar terapi kesembuhan," ujarnya dalam Webinar series MWA UI di Jakarta, Kamis (25/3/2021).


Selain itu BUMN terlibat dalam infrastruktur pendukung di wisma atlet untuk menjamin ketersediaan terapi penyembuhan. Melalui Indofarma dan Bio Farma yang memproduksi alat kesehatan dan obat anti virus.

"Dari sisi pencegahan vaksin dan vaksinasi, memenuhi vaksinasi bagi masyarakat sejak Agustus pemerintah mengerahkan daya mengamankan pasokan untuk rakyat melalui diplomasi vaksin secara bilateral dan multilateral," ujarnya lagi.

Masih terkait vaksinasi, KBUMN melalui PT Bio Farma telah menandatangani kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk pelaksanaan vaksin gotong royong.

"Tandatangan kerjasama pada 13 Maret. Membuka kesempatan perusahaan swasta berpartisipasi untuk vaksinasi secara gratis bagi karyawan keluarga," ujarnya.

Menurut Erick, pemerintah menargetkan sebanyak 10,1 juta orang bisa berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong sebagai upaya untuk mencapai herd immunity.

Tak hanya itu, masih terkait vaksinasi KBUMN melakukan inisiasi program sentra vaksin bersama di 5 kota. Antara lain di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Tangerang.

"Targetnya adalah melayani 5 ribu per hari per titik," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading