TikTok Bakal Luncurkan Fitur Grup Chat, Saingi Facebook?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 March 2021 19:00
A logo of a smartphone app TikTok is seen on a user post on a smartphone screen Monday, Sept. 28, 2020, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Jakarta, CNBC Indonesia - Platform video pendek TikTok kemungkinan akan meluncurkan fitur perpesanan grup chat tahun ini. Hal ini menempatkan aplikasi milik China itu bersaing langsung dengan media sosial seperti Facebook.

Hal ini diungkapkan oleh beberapa sumber yang mengetahui rencana tersebut kepada Reuters, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (18/3/2021).

Salah satu sumber mengatakan dalam diskusi internal fitur grup chatting harusnya diluncurkan tahun lalu tetapi ditunda karena aplikasi ini harus berurusan dengan pemerintah Amerika Serikat (AS).


Fungsi fitur chatting grup ini untuk mempertahankan pengguna di aplikasi lebih lama. Sayangnya kemungkinan fitur ini tidak akan dienkripsi sehingga ancaman hacker menyusup menjadi tinggi.

Saat ini sedang mengevaluasi kapan dan di mana itu akan meluncurkan obrolan grup di TikTok, kata sumber itu. TikTok tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Sebelumnya, pemerintahan Trump berpendapat TikTok menimbulkan masalah keamanan nasional karena data pribadi pengguna AS dapat diperoleh oleh pemerintah China. TikTok, yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna di Amerika Serikat, membantah tuduhan tersebut.

Hany Farid, seorang ahli forensik digital yang berada di dewan penasihat Tiktok AS, mengatakan dia belum diberitahu tentang fitur baru ini yang diluncurkan di Amerika Serikat, tetapi menambahkan platform tersebut harus siap untuk menghadapi bahaya yang akan datang dengan ekspansi ke pesan sosial.

"Jika Anda adalah situs dengan ukuran TikTok atau Facebook, meskipun tidak dienkripsi, Anda masih harus khawatir tentang bagaimana saya akan memoderasi materi ini dan menangani kerugiannya."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading