UMKM Ini Berhasil Bangkit Berkat Harbolnas Shopee & Ekspor

Tech - dob, CNBC Indonesia
17 March 2021 08:18
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia- Pandemi Covid-19 menjadi masa-masa yang berat dan penuh tantangan bagi pelaku usaha termasuk UMKM. Meski begitu, banyak UMKM yang kini mulai beradaptasi dan bangkit kembali meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, salah satunya adalah pengusaha fashion muslim di Bandung, Jawa Barat.

Eka, pemilik Toko online Jilbabkhu berhasil bangkit dan meningkatkan bisnisnya. Dia memulai bisnis Jilbabkhu bersama dengan keluarganya dan akhirnya merekrut penjahit lain sebagai karyawan, sekaligus membuka lapangan kerja untuk membantu sesama.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memasarkan produknya melalui e-commerce Shopee untuk mempertahankan pemasukan bagi keluarga, terlebih bagi karyawannya. Sejak bergabung sebagai penjual Shopee pada 2018, Eka mengakui pandemi merupakan waktu terberat karena naik dan turunnya pesanan dari para pembeli yang tak menentu.


Terlebih lagi bagi UMKM yang menggantungkan 100% mata pencahariannya pada lini bisnis yang sudah di bangun sedemekian rupa hingga akhirnya pandemi hadir menjadi tantangan baru bagi mereka untuk bertahan.

Setelah sekian tahun merintis toko Jilbabkhu di Shopee dengan pemasukan yang melesat sejak ia menggunakan fitur Iklanku dari Shopee. Di masa pandemi ini Eka harus berjuang kembali untuk mempertahankan bisnisnya demi menjaga pemasukan keluarga dan beberapa karyawan atau penjahit yang bekerja dengannya.

"Awalnya saya pikir memulai usaha itu sudah upaya yang paling sulit dan menantang di hidup saya, ternyata mempertahankan eksistensi bisnis apalagi di tengah pandemi lebih menantang lagi. Setelah berbulan-bulan menerima pesanan yang tidak menentu, akhirnya setelah saya mengikuti kampanye 12.12 Shopee Birthday Sale dan program ekspor ke Malaysia dan Singapura, bisnis Jilbabkhu bangkit kembali, bahkan menerima peningkatan penjualan sekitar 80% dibandingkan sebelumnya," kata Eka bercerita, Selasa (16/3/2021).

Dengan berpartisipasi pada kampanye spesial dan bergabung dalam program ekspor dari Shopee, merupakan upayanya untuk menaikan bisnisnya meski di tengah pandemi. Toko Jilbabkhu merupakan salah satu toko yang telah aktif melakukan ekspor ke luar negeri sejak awal 2020.

Hal ini selaras dengan tujuan Shopee yang berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) untuk mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program dimulai awal Maret 2021 yang juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan.

Kini dia mengaku tidak perlu khawatir lagi mengenai kompetisi harga di e-commerce setelah memahami cara kerja dan strategi yang tepat untuk berjualan produk fashion muslim. Dengan harga produksi toko Jilbabkhu yang sangat bersaing, Eka lebih percaya diri dalam memperluas jangkauannya melalui ekspor karena harga jualnya pun kompetitif.

Dengan adanya ekspansi program ekspor dari Shopee, dia juga ingin memperluas jangkauan ekspornya ke destinasi lain selain Malaysia dan Singapura. Selain itu, di tengah pandemi ini dia berharap bisa memiliki gudang sendiri sehingga dapat lebih fokus dalam menggeluti bisnis ini.

"Dibandingkan dengan toko-toko lain di kampung saya yang belum mencoba program ekspor ini, toko Jilbabkhu dapat dibilang telah menjadi toko yang paling berhasil memperluas jangkauannya. Di pengalaman pertama ekspor ini, saya merasa sangat terbantu dengan adanya prosedur pengiriman yang sudah jelas dari Shopee dan edukasi mengenai kiat-kiat sukses dalam ekspor," katanya.

Dia mengatakan bisnisnya akan fokus ke peningkatan produk dan layanan untuk meningkatkan ekspor. "Mungkin kalau saya tidak mengambil kesempatan ekspor ini bersama Shopee, saya belum tentu bisa bertahan bahkan memperluas penjualan di tengah pandemi, ke luar Indonesia," tambah Eka.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading