Heboh Vaksin AstraZeneca: 6 Negara Setop Pakai, Pembelaan WHO

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
13 March 2021 14:45
Vaksin AstraZeneca. (AP/Christophe Ena)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin AstraZeneca sedang jadi sorotan. Pasalnya, 6 negara menghentikan sementara pengunaan vaksin ini sebagai senjata melawan Covid-19 untuk program vaksinasi. Diketahui Indonesia juga baru kedatangan 1,1 juta dosis vaksin ini.

Awalnya penghentian penggunaan vaksin AstraZeneca diumumkan oleh Austria, Denmark, Norwegia dan Islandia. Alasannya, ada laporan penggumpalan darah pada beberapa orang usai pasca disuntik vaksin dari Inggris ini.

Denmark menunda pemberian vaksin AstraZeneca selama dua minggu usai laporan pembekuan atau penggumpalan darah dialami wanita berusia 60 tahun. Islandia, juga menangguhkan pemberian vaksin AstraZeneca karena menunggu hasil penyelidikan oleh EMA (otoritas kesehatan Uni Eropa).


"Denmark menangguhkan pemberian vaksin selama dua minggu setelah seorang wanita berusia 60 tahun, yang diberi suntikan AstraZeneca dari kelompok yang sama yang digunakan di Austria, mengalami pembekuan darah dan meninggal," kata otoritas kesehatan Denmark, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (13/3/2021).

Piyasakol Sakolsatayadorn, penasihat komite vaksin Covid-19 Thailand mengumumkan secara langsung penundaan penggunaan vaksin AstraZeneca pada Jumat lalu saat vaksin ini akan disuntikkan kepada perdana menteri dan anggota kabinet.

"Meski kualitas AstraZeneca bagus, beberapa negara meminta penundaan," kata Piyasakol Sakolsatayadorn, dihimpun dari AFP.

Terbaru adalah Bulgaria dengan alasan yang sama ada kekhawatiran akan kasus pembekuan darah pada mereka yang sudah disuntik vaksin ini.

"Saya memerintahkan penghentian vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca sampai European Medicines Agency menghentikan semua keraguan perihal keamanannya," ujar PM Bulgaria Boyko Borisov seperti dikutip AFP.

Penjelasan AstraZeneca Soal Kasus Pembekuan Darah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading