Kebobolan! Kisah Email Microsoft Diretas Hacker China

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
11 March 2021 19:45
Microsoft

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft mengakui dibobol hacker China. Para peretas China mendapatkan akses ke akun email besutan mereka melalui kerentanan di perangkat lunak server.

Dilansir CNBC International, serangan pada perangkat lunak Exchange mulai dideteksi pada awal Januari, menurut perusahaan keamanan Volexity, yang diakui Microsoft untuk mengidentifikasi beberapa masalah.

Mengenai bagaimana peretas itu masuk,Tom Burt, wakil presiden perusahaan Microsoft, menjelaskan dalam posting blog minggu lalu bagaimana para hacker melakukan hal itu.


"Pertama, mereka akan mendapatkan akses ke Server Exchange baik dengan kata sandi (password) yang dicuri atau dengan menggunakan kerentanan yang belum ditemukan sebelumnya untuk menyamar sebagai seseorang yang seharusnya memiliki akses."

"Kedua, hal itu akan membuat apa yang disebut kerangka web untuk mengontrol server yang disusupi dari jarak jauh."

"Ketiga, itu akan menggunakan akses jarak jauh itu - dijalankan dari server pribadi yang berbasis di AS - untuk mencuri data dari jaringan organisasi."

Maka dari itu, bagi para pengguna email Microsoft, Microsoft mendorong pelanggan untuk menginstal patch keamanan baru yang telah dikirimkan. Patch itu juga memuat informasi untuk membantu pelanggan mengetahui apakah jaringan mereka disusupi hacker.

"Karena kami mengetahui eksploitasi aktif dari kerentanan terkait di alam liar (serangan tertarget terbatas), rekomendasi kami adalah menginstal pembaruan ini segera untuk melindungi dari serangan ini," kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Akibat hal itu saham Microsoft telah jatuh 1,3% sejak 1 Maret, sedangkan pada indeks S&P 500, saham perusahaan besutan Bill Gates itu juga turun 0,7% selama periode yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading