5G Rilis di RI, Pengguna Smartphone Siap-siap Lakukan Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 March 2021 07:12
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Walaupun 5G belum siap, namun sejumlah vendor sudah merilis ponsel yang mendukung jaringan tersebut di tanah air.

Saat 5G sudah hadir, Product Marketing Manager Samsung Mobile PT Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan mengatakan pengguna ponsel tinggal melakukan update software saja.

"Tinggal melakukan update software karena harus meng-unlock operator yang sudah mendukung., Misalnya nanti Telkomsel sudah dukung harus diregistrasikan ke software kita supaya sinyal 5G bisa ditangkap," kata Taufiq, dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, seperti dikutip Jumat (12/3/2021).


Taufiq juga mengatakan pilihan perangkat 5G akan lebih beragam di masa depan dan meminta untuk menunggu. "Kedepannya sendiri device 5G akan beragam, ditunggu saja," ungkapnya.

Soal fitur pada ponsel yang bisa dinikmati nanti saat implementasi 5G sudah ada, Taufiq mengatakan salah satunya kualitas resolusi pada streaming akan lebih tinggi lagi.

Para gamer juga semakin dimanjakan dengan kehadiran 5G. Menurut Taufiq, gaming semakin menyenangkan termasuk kehadiran cloud gaming.

"Enggak cuman game yang ada diinstal di smartphone aja, tapi juga dengan adanya penyedia cloud gaming itu bisa melakukan jauh lebih smooth karena latensi rendah," kata dia.

Latensi rendah juga membuat video pada virtual meeting lebih jernih. Selain itu umpan balik saat melakukan pertemuan jauh lebih real time dengan lagging yang minimal.

Taufiq juga menambahkan mengunduh juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G sebelumnya.

"Selain itu juga melakukan download aplikasi atau lagu atau apapun itu jauh lebih cepat dibandingkan teknologi 4G," ujar Taufiq.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading