Jaringan 5G Disebut Boros Kuota Internet, Benarkah?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 March 2021 18:25
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum hadir di Indonesia, 5G sudah menghadirkan ketakutan sendiri yakni kecepatan yang tinggi dibarengi dengan kuota dirasa cepat habis. Lalu bagaimana cara menghematnya?

Menurut Manager Network Master Plan Telkomsel, Harry Utama, perlu kebijakan dan pemahaman dari sisi masyarakat untuk memaksimalkan aktivitas digitalnya. Untuk menghemat kuota bisa dengan mengatur kualitas konten yang sedang dinikmati.

"Mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian kuota tersebut misalnya dalam penggunaan streaming video dan gaming bisa di setting kualitasnya," kata dia dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Selasa (9/3/2021).


Lebih lanjut dia mengatakan penggunaan 5G ini akan meningkatkan kualitas pengalaman dari konsumen dengan kecepatan dan proses download serta streaming-nya.

Harry mengatakan hal ini sama seperti saat masyarakat menggunakan 3G dan 4G dikembangkan. Menurutnya setiap pembaruan teknologi jaringan akan menghadirkan keunggulan dari sisi kecepatan proses download, upload hingga streaming.

Dengan koneksi cepat ini, Harry menambahkan konsumen terdorong makin aktif melakukan aktivitas online. Inilah yang membuat penggunaan kuota internet semakin tinggi.

"Konsumen semakin ingin mendownload streaming video-video berkualitas HD misalnya. Hal ini akan membuat pengguna merasakan kuota jadi lebih cepat habis," ungkap Harry.

Untuk implementasi 5G di Indonesia, Harry mengatakan Telkomsel terus melakukan persiapan dengan merancang skema produk dan layanan yang sesuai dengan pelanggan. Tak lupa memastikan produk dan layanan bersifat consumer centric.

Menurutnya, Telkomsel akan mengembangkan 5G yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Serta memperhitungkan permintaan di masing-masing lokasi di Indonesia.

"Kami akan mengembangkan 5G ini tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat ada perhitungan demand dan industri masing-masing lokasi nantinya," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading