Berapa Saham Gojek di GoPay? Jangan Kaget Yah!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 March 2021 15:20
Gopay (Gopay)

Jakarta, CNBC Indonesia - GoPay merupakan salah satu dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dompet digital ini menempel pada aplikasi Gojek. Lantas berapa kepemilikan Gojek di GoPay.

Ternyata Gojek sudah tak lagi memiliki 100% saham GoPay. Berdasarkan prospektus rencana penambahan modal dengan rights issue Bank Jago Tbk, pertanggal 29 Januari 2021 disebutkan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) memiliki 70,78% saham PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay) dan 29,22% dimiliki investor lain. Tak disebutkan nama investor lainnya.

Berdasarkan prospektus itu disebutkan GoPay merupakan salah pemegang saham utama Bank Jago. GoPay menguasai 2,4 miliar saham Bank Jago atau setara 22,16%, seperti dikutip dari Prospektus Bank Jago, Kamis (4/3/2021).


Dalam rencana penambahan modal Bank Jago, GoPay berencana untuk menyuntik bank digital itu sebesar Rp 1,316 triliun. Dengan suntikan modal ini porsi saham GoPay di Bank Jago turun menjadi 21,4%.

GoPay masuk ke Bank Jago pada akhir tahun lalu dengan mengakuisisi 22,16% saham Bank Jago dengan nilai Rp 2,77 triliun. Dengan skema rights issue mendatang, maka total suntikan modal GoPay ke Bank Jago menembus Rp 3,9 triliun.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) pada 2019 GoPay memiliki pangsa pasar sebesar 19% dari transaksi pembayaran digital Indonesia. Di atasnya ada OVO yang kuasai 20% pangsa pasar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading